get app
inews
Aa Read Next : Hari Tanpa Bayangan Akan Kembali Terjadi di Indonesia, Kapan?

Waspada! Perubahan Iklim Semakin Mengkhawatirkan, Kenaikan Suhu Bumi di Atas 1,5 Derajat Celsius

Senin, 07 Oktober 2024 | 13:05 WIB
header img
.Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa perubahan iklim semakin mengkhawatirkan. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa perubahan iklim semakin mengkhawatirkan. Tercatat, rata-rata kenaikan suhu bumi di atas 1,5 derajat celsius dalam 14 bulan terakhir.

“Perubahan iklim semakin mengkhawatirkan, dengan 2023 mencatatkan suhu tertinggi dalam sejarah, dan 2024 diprediksi akan memecahkan rekor. Sebanyak 13 dari 14 bulan terakhir mencatat suhu rata-rata di atas 1,5 derajat celsius,” beber Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena Sopaheluwakan dalam keterangannya, Senin (7/10/2024).

Sebagai bagian dari upaya adaptasi, dia menjelaskan BMKG menyediakan berbagai produk informasi cuaca dan iklim yang dapat mendukung perencanaan dan strategi adaptasi jangka panjang.

“Kita masih punya peluang untuk beradaptasi dalam rentang musim yang ada. BMKG siap membantu dengan informasi cuaca dan iklim yang diperlukan untuk mengantisipasi fenomena seperti El Nino dan La Nina,” jelasnya.

Lebih lanjut, BMKG terus menjaga Indonesia dengan memberikan informasi iklim yang tepat dan akurat sehingga menjadi fondasi banyak kebijakan tepat sasaran pada level nasional maupun level daerah seperti pertanian, sumber daya air, kehutanan, kesehatan, dan kebencanaan. Bahkan, di tahun 2023 BMKG berhasil menginfokan secara dini potensi El Nino yang menyebabkan dampak cukup signifikan secara nasional.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut