get app
inews
Aa Read Next : Keren! Mobil Pandawa Unnes Dinobatkan sebagai Tim Tertangguh 2 di Kontes Mobil Hemat Energi 2024

Dukung Program 3 Juta Rumah, BTN dan Unnes Bersinergi Persiapkan SDM Handal di Era Digital

Rabu, 23 Oktober 2024 | 13:13 WIB
header img
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu dan Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono, M.Si menandatangani Nota Kesepahaman terkait Penyediaan Penggunaan Jasa dan Layanan Perbankan serta dukungan untuk Pengembangan Civitas Akademika, Rabu (23/10/2024) . (foto A.Antoni)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) sebagai bentuk sinergi untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal di era digital, Rabu (23/10/2024).

Kebutuhan SDM berkualitas menjadi krusial bagi BTN dalam rangka mendukung pemenuhan 3 Juta Rumah yang ditargetkan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Acara penandatanganan ini dilaksanakan di kampus Unnes dan dihadiri oleh Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, Direktur Distribution & Institutional Funding Jasmin, serta Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono, M.Si. 

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitulu mengatakan, BTN terus melakukan upaya jemput bola menggiring talenta muda berkualitas untuk mendapatkan edukasi mengenai industri perbankan dan sektor properti, yang merupakan fokus bisnis BTN. 

Dalam hal ini, Unnes menjadi mitra BTN sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk menjadi One of Home of Indonesia’s Best Talent, yang akan mendukung perseroan dalam memenuhi kebutuhan tiga juta rumah setiap tahunnya.

 “Kami percaya bahwa sinergi antara sektor perbankan dan pendidikan dapat mendorong peningkatan kualitas SDM. BTN siap mendukung UNNES dalam memberikan layanan perbankan terbaik yang dapat mempermudah dan mempercepat berbagai kebutuhan institusi pendidikan, dari sistem pembayaran hingga pengembangan riset keuangan perumahan,” kata Nixon.

Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono, M.Si., mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah BTN untuk menjalin kerja sama yang baik dengan Unnes dalam rangka mendorong pengembangan SDM yang lebih baik di Indonesia. Sebagai langkah awal, kampus Unnes memilih BTN sebagai bank pengelola dana kuliah termasuk beasiswa mahasiswa.

“Kami berharap dana ini akan terus meningkat ke depannya dan kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Direktur Utama BTN dan jajaran yang berkenan untuk bekerja sama dengan Unnes Beliau telah berkenan untuk berbagi pengalaman dalam membangun SDM Indonesia ke depan,” kata Martono.

Untuk memantapkan sinergi tersebut, MoU yang telah disepakati kedua belah pihak mencakup penyediaan berbagai produk dan layanan perbankan yang dirancang khusus oleh BTN untuk Unnes.

Salah satu layanan utama yang diberikan adalah sistem pembayaran uang kuliah melalui Host to Host (H2H) dan Cash Management System (CMS) yang memudahkan transaksi keuangan secara cepat dan efisien. 

Kerja sama ini juga mencakup penyelenggaraan kuliah umum yang melibatkan para praktisi perbankan dari BTN untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para mahasiswa, terutama mengenai pembiayaan di sektor properti dan membangun ekosistem perumahan.

 BTN dan Unnes akan berkolaborasi dalam program Learning, Advisory, and Research Housing Finance Center BTN, yang akan mendukung riset dan pengembangan dalam bidang keuangan perumahan.

Selain itu, BTN juga menyediakan kesempatan bagi mahasiswa Unnes untuk mengikuti program magang di BTN, yang diharapkan dapat memberikan wawasan langsung terkait dunia perbankan.

Lebih lanjut, BTN akan memberikan dukungan untuk unit usaha Unnes, yakni di antaranya Asrama Mahasiswa, Pusat Layanan Kesehatan, Unnes Press, dan Gedung Kesehatan. Ke depan, BTN berharap dapat menjalin kerja sama dengan mitra usaha UNNES yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Keseriusan BTN dalam membangun SDM berkualitas terlihat dengan langkah proaktifnya bermitra dengan kampus-kampus di Indonesia. Baru-baru ini, BTN juga telah menandatangani Perjanjian Kerja sama (PKS) dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk program magang, lowongan pekerjaan, serta pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan industri. Bersama Binus, BTN meluncurkan program Inspire Corner, sebuah platform edukatif yang menghubungkan mahasiswa dengan dunia kerja di sektor perbankan.

Dalam rangkaian acara di Unnes, Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, memberikan kuliah umum yang mengangkat berbagai perubahan di era digital dan transformasi yang dilakukan BTN agar tetap menjadi yang terdepan di pasar pembiayaan perumahan. 

Nixon memaparkan, di era digital saat ini, mayoritas generasi muda lebih memilih bertransaksi secara online untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Hal itu terlihat dari jumlah pengguna mobile banking BTN yang meningkat 47% setiap tahunnya, dan mencapai hampir dua juta user hanya dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu, konsumen menginginkan layanan yang dipersonalisasi (tailored products and services) atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen yang berbeda-beda.

Untuk menjawab tantangan tersebut, BTN mengintegrasikan ekosistem perumahan dan kebutuhan nasabah melalui platform digital. “BTN melakukan transformasi digital untuk meningkatkan value proposition dan membantu keluarga Indonesia memiliki rumah idaman dengan lebih mudah. 

Hal ini kami jalankan melalui solusi komprehensif untuk semua kebutuhan perumahan dengan platform KPR digital, yakni BTN Properti, BTN Properti for Developer, dan Smart Residence. Selain itu, layanan terkait sektor perumahan tersebut dapat diakses melalui super apps yakni BTN Mobile,” jelasnya.

Sebagai pemimpin pasar KPR nasional, kata Nixon, BTN harus memiliki SDM yang kompetitif dan visioner di bidang teknologi dan perbankan agar BTN dapat menjadi pilihan utama nasabah dalam bertransaksi dan memenuhi kebutuhan mereka terkait perumahan.
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut