get app
inews
Aa Read Next : 22 Hari Masa Kampanye, Bawaslu Kota Semarang Tangani Empat Dugaan Pelanggaran

Bawaslu Kota Semarang Segera Umumkan Calon Pengawas TPS pada Pilkada 2024

Rabu, 23 Oktober 2024 | 19:17 WIB
header img
Proses wawancara calon Pengawas TPS yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Semarang. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang telah menyelesaikan tahapan penting dalam rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Tes wawancara bagi calon pengawas TPS yang diadakan di 16 kecamatan di seluruh Kota Semarang berlangsung sukses dan telah mencapai tahap akhir.

Dalam rangka mempersiapkan pengawasan yang ketat menjelang Pilkada 2024 yang dijadwalkan pada 27 November mendatang, Bawaslu telah membuka pendaftaran Pengawas TPS sejak 12 September hingga 10 Oktober 2024. 

Melalui proses rekrutmen ini, Bawaslu Kota Semarang menargetkan untuk merekrut 2.358 pengawas yang akan bertugas di TPS yang tersebar di 177 kelurahan.

Anggota Bawaslu Kota Semarang, Euis Noor Faoziah, menjelaskan bahwa peran Pengawas TPS sangat krusial untuk menjamin kelancaran dan integritas proses pemungutan suara. 

“Kami memastikan bahwa seluruh proses pemungutan suara di Pilkada 2024 dapat berjalan secara jujur, transparan, dan berintegritas dengan melibatkan pengawas yang terlatih di setiap TPS,” ujar Euis dalam keterangannya, Rabu (23/10/2024).

Tahapan seleksi Pengawas TPS ini diatur berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor: 301/HK.01.01/K1/09/2024 tentang teknis pembentukan dan pergantian antar waktu pengawas TPS dalam Pemilihan 2024.

Seleksi ini mencakup pengumuman pendaftaran, penerimaan berkas, seleksi administrasi, dan tes wawancara.

Hasil tes wawancara akan diumumkan pada 23-25 Oktober 2024 melalui situs resmi Bawaslu Kota Semarang dan media sosial Panwaslu Kecamatan. 

“Kami akan mengumumkan Pengawas TPS terpilih pada tanggal 23 hingga 25 Oktober 2024. Pelantikan mereka akan dilakukan pada 3 hingga 4 November 2024,” tambah Euis.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan terkait hasil seleksi, Bawaslu menyediakan Form Masukan dan Tanggapan Masyarakat yang dibuka sejak 12 Oktober hingga 2 November 2024. 

Pengumuman juga akan ditempel di kantor kelurahan di seluruh Kota Semarang, sehingga masyarakat bisa memantau secara langsung perkembangan tahapan rekrutmen ini.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut