YOGYAKARTA, iNewsSemarang.id - Telkomsel mempertegas komitmennya dalam menerapkan pilar social pada prinsip keberlanjutan ESG melalui inisiatif Telkomsel Jaga Cita yang digelar di Yogyakarta. Inisiatif ini berfokus untuk mendukung dan menghadirkan pendidikan yang adaptif, inklusif, dan merata di Indonesia.
Telkomsel Jaga Cita juga merupakan payung program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dirancang untuk memperkuat kompetensi di dunia pendidikan, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa hingga orangtua siswa.
Platform digital seperti Ilmupedia, Skul.id, Kuncie, by.U, dan Internet BAIK pada inisiatif Telkomsel Jaga Cita, diharapkan dapat mendukung dan menjaga harapan anak-anak Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya menyongsong masa depan yang lebih baik.
Inisiatif ini sekaligus merespons tantangan dalam pendidikan Indonesia, yang tercermin dalam Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023, dari 50 juta murid yang dimiliki Indonesia, hanya sebanyak 61,53 persen murid jenjang Sekolah Dasar (SD), 59 persen murid jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 49,26 persen murid jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki kompetensi literasi di atas standar minimum.
Sementara itu, data dari Sustainability Report Telkomsel 2023 menunjukkan sebanyak 780 sekolah dari 249 kota dan kabupaten telah mendapatkan wawasan tentang interaksi positif di media sosial dan ekosistem digital melalui program Internet BAIK yang dapat membuka peluang bagi talenta muda menjadi agen perubahan di dunia digital.
“Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, Telkomsel berperan penting dalam mendorong pembangunan yang berkelanjutan melalui inisiatif Telkomsel Jaga Cita. Kami ingin memberdayakan masyarakat, memungkinkan akses ke informasi dan beragam layanan jadi lebih mudah, membuka lebih banyak peluang, serta memastikan manfaat kemajuan digital dapat dirasakan secara inklusif di seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk menghadirkan dampak berkelanjutan melalui penerapan ESG dalam setiap aspek bisnis,” kata VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, dalam keterangannya, Sabtu (9/11/2024).
VP Prepaid Consumer Marketing Telkomsel, Tuty R. Afriza menambahkan, sebagai bagian inisiatif Telkomsel Jaga Cita, pihaknya menghadirkan beragam layanan edutainment melalui platform Ilmupedia yang siap membantu talenta muda dalam menemukan minat bakat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki “Juga didukung dengan akses internet yang terjangkau dengan jaringan terbaik yang dapat gunakan melalui kartu telkomsel prabayar, kartuHalo maupun by.U,” ujarnya.
Produk dan program Telkomsel yang Dukung ekosistem pendidikan di Indonesia dalam inisiatif ‘Telkomsel Jaga Cita’:
Ilmupedia (Ilmupedia.co.id)
Sebagai bagian dari ekosistem Telkomsel Jaga Cita, Ilmupedia hadir untuk mendukung akses pendidikan yang merata dan berkualitas di Indonesia. Platform ini menyediakan berbagai kelas online tanpa biaya yang mencakup materi pengembangan diri, persiapan sekolah, hingga bimbingan belajar, bekerja sama dengan mitra edutech.
Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2020, kompetisi cerdas cermat Ilmupedia Berani Jawab telah berhasil menarik 18.200 peserta dari kalangan pelajar SMA di 2.000 sekolah yang tersebar di lebih dari 300 kota. Pada season ke-4, Ilmupedia Berani Jawab kembali sukses menjangkau 11.200 peserta dari pelajar SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah (MA), dengan partisipasi dari 550 sekolah di lebih dari 200 kota.
Skul.id (skul.id)
Sejak 2021, Skul.id telah menyediakan akses gratis yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia yang menggunakan jaringan Telkomsel atau by.U. Platform Skul.id dirancang agar mudah digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan, melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, hingga komputer, dan dapat diakses di mana saja.
Skul.id berperan sebagai solusi digital untuk manajemen pendidikan, membantu pengaturan proses belajar mengajar dan administrasi, mulai dari absensi, penilaian, hingga e-rapor. Platform ini mempermudah seluruh penggunanya dalam menjalankan proses pembelajaran, baik secara tatap muka maupun jarak jauh.
Kuncie (kuncie.com)
Platform Kuncie berperan menjadi penyedia solusi pembelajaran online, hybrid, dan offline yang ditujukan bagi para profesional dan talenta muda dalam memanfaatkan teknologi digital. Menyesuaikan dengan kebutuhan industri terkini, Kuncie berkomitmen untuk menyusun kurikulum berkualitas tinggi yang terus diperbarui, guna memberikan pendidikan yang relevan dan bermutu.
Para mentor, instruktur, dan mitra Kuncie adalah praktisi berpengalaman di bidangnya, siap mendukung talenta muda dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang aplikatif di berbagai sektor industri profesional.
Internet BAIK (internetbaik.id)
Program Internet BAIK mendorong generasi muda untuk menggunakan internet secara produktif melalui workshop, pelatihan langsung, dan bootcamp yang mengasah keterampilan digital. Program ini mengajak para peserta berkontribusi dalam membangun ekosistem dan ruang digital yang sehat serta menjadi agen perubahan di dunia digital.
Selama delapan tahun, Internet BAIK telah memperkuat literasi digital dan kreativitas di Indonesia dengan menghasilkan 189 bahan ajar digital, 1.100 konten kreatif, dan 165 prototipe aplikasi mobile. Program ini telah menjangkau lebih dari 20 ribu pelajar dan 9 ribu guru, orang tua, serta komunitas di 240 kota/kabupaten.
by.U (byu.id)
by.U adalah produk seluler yang dirancang khusus untuk mendukung generasi muda Indonesia tetap terhubung, terutama melalui layanan pendidikan digital seperti Ilmupedia dan Skul.id. Inisiatif ini menciptakan ekosistem pembelajaran berkelanjutan yang mendorong transformasi pendidikan digital yang inklusif dan kompetitif.
Kehadiran by.U, kartu serba digital yang memenuhi kebutuhan Gen-Z turut berperan dalam memperkuat integrasi ekosistem Telkomsel Jaga Cita. Dengan beragam benefit, konsep unik dan menarik yang ditawarkan, pelanggan by.U dapat bebas memilih jenis kuota internet yang bervariasi.
Sebagai layanan seluler prabayar yang sepenuhnya dapat disesuaikan, by.U memenuhi kebutuhan digital anak muda yang mengutamakan konektivitas tanpa batas. Dengan slogan #SemuanyaSesuaiKeinginanmu, by.U hadir sebagai merek yang mendukung generasi muda dalam mengekspresikan diri dan mencapai potensi terbaik mereka.
Editor : Ahmad Antoni