get app
inews
Aa Read Next : Mentan Perintahkan Jajaran Tinggal Lebih Lama di Jateng untuk Tuntaskan Distribusi Pupuk

Maksimalkan Hasil Pertanian, DPP Kendal Tekankan Pentingnya Demplot 

Jum'at, 11 Maret 2022 | 00:14 WIB
header img
Demplot tanaman padi di Desa Payung. Foto: iNews/Agus Riyadi

 

KENDAL, iNewsSemarang.id - Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal berupaya memaksimalkan hasil pertanian demi kesejahteraan masyarakat. Salah satu upayanya yakni meminta kepada produsen pupuk untuk memberikan percontohan pemberian pupuk pada tanaman.

Menurut Plt Kepala DPP Kendal, Pandu Rapriat Ronggokati dengan varitas tanaman jenis apapun jika pemberian pupuknya tepat, maka dapat memaksimalkan hasil panen.

"Ini penting sekali, karena penyuluhan berapa dosis yang benar dan tidak over dosis masih menjadi PR bersama antara DPP, produsen dan distributor pupuk," kata Pandu saat menghadiri acara Demplot (Demontration Plot) Pusri di Desa Payung Kecamatan Weleri, Kamis (10/3/2022).

Hal ini disampaikan mengingat tidak sedikit dari petani dalam menggunakan pupuk masih banyak yang melebihi dari dosis yang telah ditentukan.

Demplot Pusri di lahan seluas satu hektare di Desa Payung dinilanya cukup berhasil. Dari hasil ubin dengan luasan 2,5 x 2,5 membuahkan hasil 8,2 kg padi. Jumlah tersebut dinilai cukup bagus pada panen saat musim kemarau, meski pada musim kemarau hasilnya bisa mencapai 10 kg dalam setiap pengubinan.

Pandu berharap, agar produsen dan distributor pupuk bisa lebih sering melakukan demplot atau percontohan. Itu dilakukan agar dapat memberikan pembelajaran bagi petani terkait pemberian pupuk yang benar pada tanamannya.

Pusri dalam demplotnya ini menggunakan pupuk jenis Bioripah sebanyak 6 liter, NPK 300 kg dan Urea 200 kg dalam setiap hektarnya.

Senior Supervisor Pusri Jateng II Mukhrizal mengatakan, demplot yang dikakukan kali ini bisa memancing para petani lainnya agar bisa memberikan dosis pupuk yang sesuai untuk tanaman. Pihaknya berharap, agar para petani di Kendal bisa meningkatkan hasil panennya.

“Kalau hasil panen meningkat kan pendapatan petani juga meningkat. Nantinya kami akan tindak lanjuti benar permintaan Dinas Pertanian agar distributor pupuk pusri bisa melaksanakan demplot juga di daerahnya. Dan akan kita pantau,” ujarnya.

Usai acara pengubinan di lahan yang digunakan Demplot, Mukhrizal juga menyampaikan hasilnya kepada para petani di desa tersebut. Dia berharap petani bisa mengimplementasikan pemberian pupuk yang sesuai dosisnya saat para petani memasuki musim tanam.

 

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut