get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ulfatun Nikmah, Anak Buruh Ukir di Jepara Raih Beasiswa S2 UGM Lulus Cumlaude

Perjuangan Bos Indomie Sebelum Sukses, Pernah Jadi Buruh Pabrik Tahu dan Kerupuk

Jum'at, 11 Maret 2022 | 16:04 WIB
header img
Jatuh bangun Sudono Salim, pemilik Indomie yang merupakan makanan sejuta umat di Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Perjalanan sukses seseorang banyak yang berawal dari jatuh bangun, salah satunya Sudono Salim, salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang pendiri Salim Group, induk sejumlah perusahaan termasuk perusahaan produsen Indomie, PT Indofood Sukses Makmur.

Perintis makanan sejuta umat di Indonesia ini memiliki kisah yang sangat menginspirasi. Dilahirkan dengan nama asli Liem Sioe Liong ini lahir pada 16 Juli 1916 di Fuqing, Fujian, China. 

Dia merupakan anak petani yang putus sekolah pada usia 15 tahun. Setelah putus sekolah, dia membantu keluarganya dengan berjualan mi.  

Pada 1939, dia memutuskan mengikuti jejak kakaknya yang lebih dahulu hijrah ke Indonesia untuk menjalankan bisnis dan mengubah nasibnya. 

Kota yang pertama didatangi adalah Kudus, Jawa Tengah. Di kota ini, dia sempat bekerja sebagai buruh pabrik tahu dan kerupuk.  

Setelah itu, dia menjajal bisnis jual beli cengkeh dan tembakau. Dengan bantuan modal dari mertuanya, bisnisnya berkembang pesat. Bahkan dia menjadi bandar cengkeh dan tembakau di Kudus.  

Namun pada awal 1940-an, bisnisnya bangkrut karena invasi Jepang ke Indonesia. Kendati demikian, itu tak lama, kemampuan bisnisnya melihat peluang usaha yang potensial membuatnya berhasil bangkit dari keterpurukan. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut