get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Bakal Gabung NATO, Eropa Terancam Serangan Nuklir Rusia

Dikuasai Pasukan Rusia, Ukraina Kehilangan Akses Menuju Laut Azov

Sabtu, 19 Maret 2022 | 12:48 WIB
header img
Rusia menutup akses Ukraina ke Laut Azov (Foto: Reuters)

 

KIEV, iNewsSemarang.id - Dikuasainya sebagian wilayah Donetsk oleh pasukan Rusia, akses Ukraina ke Laut Azov tertutup. Pasukan Rusia juga memperkuat penjagaan di sekitar pelabuhan utama Kota Mariupol.

Hilangnya akses Ukraina menuju ke Laut Azov dibenarkan oleh Kementerian Pertahanan Ukraina.

"Para penjajah berhasil menguasai sebagian distrik operasional Donetsk, untuk sementara menguasai akses Ukraina ke Laut Azov," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters, Sabtu (19/3/2022).

Militer Rusia pada Jumat kemarin menyatakan pasukannya memperketat penjagaan di sekitar Mariupol, kota luluh lantak dibombardir. Sekitar 1.000 orang kemungkinan masih terjebak di tempat perlindungan darurat di bawah gedung teater yang hancur. 

Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pesan videonya mengatakan, sebanyak 130 orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan. Dia tak menyebutkan berapa banyak yang tewas.

Mariupol, kota strategis di pantai Laut Azov, menjadi target utama serangan Rusia sejak invasi dimulai pada 24 Februari.

Kota itu terletak di rute antara Semenanjung Krimea yang dicaplok Rusia di bagian barat dan Donetsk di timur, wilayah yang sebagian dikendalikan pemberontak pro-Rusia.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut