get app
inews
Aa Read Next : Artis Terry Putri Kerja Jadi Pengantar Makanan Online Selama Tinggal di Amerika Serikat

Politikus Senior Turki Tegaskan Negaranya Tolak Permintaan AS Bantu Ukraina

Senin, 21 Maret 2022 | 10:56 WIB
header img
Ketua Partai Patriotik Turki (Vatan Partisi), Dogu Perincek. (Foto: Reuters)

 

ANKARA, iNewsSemarang.id - Politikus senior Turki, sekaligus Ketua Partai Patriotik Turki (Vatan Partisi), Dogu Perincek mengatakan, Turki menolak permintaan Amerika Serikat (AS) untuk membantu Ukraina yang saat ini diserang Rusia

Perincek meyakini negaranya bakal menolak permintaan AS terkait menyerahkan sistem pertahanan rudal S-400 untuk membantu Kiev memerangi pasukan Moskow. 

“AS tidak memiliki wewenang untuk memerintah Turki. Pemerintah Turki sama sekali tidak akan menerima perintah seperti menyerahkan S-400 Rusia ke Ukraina,” ujar Perincek kepada kantor berita Sputnik, Minggu (20/3/2022). 

“Pemerintah Turki tidak memiliki peluang seperti itu. Tidak mungkin Pemerintah Turki akan bersedia mendengarkan perintah seperti itu. Informasi ini adalah tipikal propaganda intelijen Amerika. Kami telah melewati ini berkali-kali. Sekali lagi, ini tidak mungkin. Tekanan seperti itu tidak dapat menghancurkan Turki,” kata politikus Turki itu lagi.

Sebelumnya, kantor berita Reuters dengan mengutip sejumlah sumber melaporkan bahwa AS telah menyuruh ke Turki untuk mengirim sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia ke Ukraina. Langkah tersebut dicurigai sebagai bagian dari upaya Washington DC untuk merebut sistem rudal antipesawat buatan Rusia atau Uni Soviet tersebut di tengah konflik dengan Rusia.

Pada 2019, Amerika Serikat menangguhkan partisipasi Turki dalam program jet tempur F-35 karena pembelian sistem pertahanan udara S-400 oleh Ankara. AS bahkan kemudian menghapus Turki sepenuhnya dari proyek tersebut. 

Meskipun menuai reaksi keras dari AS dan para anggota NATO lainnya atas pembelian S-400, Turki berkeras akan terus menggunakan sistem pertahanan rudal buatan Rusia itu.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut