get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2024: Indonesia Ungguli Israel

Saat Rusia Terancam, Nuklir akan Keluar dari Kandangnya

Rabu, 23 Maret 2022 | 21:28 WIB
header img
Rusia menyatakan tak segan menggunakan senjata nuklir. (Foto: Reuters)

 

MOSKOW, iNewsSemarang.id - Sebuah pernyataan yang membuat bulu kudu negara Barat berdiri disampaikan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada CNN dalam sebuah wawancara pada Selasa (22/3/2022). 

Ditegaskan Peskov, Rusia tak segan menggunakan senjata nuklir bila keberadaannya sudah merasa terancam

“Kami memiliki konsep keamanan dalam negeri dan bersifat publik. Anda dapat membaca semua alasan penggunaan senjata nuklir. Jadi jika itu adalah ancaman eksistensial bagi negara kami, maka itu (senjata nuklir) dapat digunakan sesuai dengan konsep kami konsep,” ujarnya.

Pernyataan ini muncul di tengah kekhawatiran Barat bahwa konflik Rusia-Ukraina bisa saja meningkat menjadi perang nuklir. 

Peskov menekankan tidak ada alasan lain bagi Rusia menggunakan senjata nuklir selain yang disebutkan sebelumnya. Hal itu sesuai dengan konsep keamanan negara yang dimiliki Rusia. 

Bulan lalu, Putin memerintahkan pasukan nuklir Rusia untuk siaga tinggi. Sejalan dengan perintah tersebut, dikutip dari kantor berita Interfax melaporkan, Kementerian Pertahanan Rusiapada 28 Februari mengatakan, pasukan rudal nuklirnya dan armada Utara dan Pasifik telah ditempatkan pada tugas tempur yang ditingkatkan. 

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pada 14 Maret mengatakan, prospek konflik nuklir, yang dulu tidak terpikirkan, sekarang kembali ke ranah yang mungkin akan dilakukan.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut