get app
inews
Aa Read Next : VIDEO Bupati Dico Resmikan MIN 1 Kendal Sebagai Nusantara School

Hebat, Sekolah Kumuh Ini Disulap Jadi Nusantara School, Bersih dan Nyaman untuk Belajar

Rabu, 30 Maret 2022 | 14:43 WIB
header img
Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Kepala MIN, Kepala Kemenag dan Kadisdikbud Kendal melaunching Nusantara School.(iNews/Agus Riyadi)

 

KENDAL, iNewsSemarang.id - Rasa prihatin melihat kondisi sekolah tempatnya mengajar kumuh dan banyak coretan, guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kendal, berpikir keras agar bisa merubahnya menjadi lebih baik. 

Upaya studybanding ke sekoah di luar daerah lantas dilakukan agar bisa menjadi salah satu inspirasi dalam merubah sekolah kumuh menjadi lebih bersih dan nyaman untuk belajar.

"Setelah kita studybanding, kita mendapatkan ide untuk menjadian MIN ini menjadi Nusantara School," kata Subiyono, Kepala MIN 1 Kendal usai acara launching Nusantara School, Rabu (30/3).

Dari 29 ruang kelas di MIN 1 Kendal, yang berada di Kelurahan Kalibuntu Wetan Kecamatan Kendal Kota, awalnya tidak terawat, namun kini telah dijadikan sebagai ruang kelas yang nyaman sebagai tempat belajar. Setiap ruang kelas yang ada di sekolah tersebut, satu per satu diberi nama kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Indonesia. 

Hal ini dilakukan, lanjut Subiyono, untuk memberikan pembelajaran bagi siswa-siswi di MIN 1 Kendal yang nyaman, sekaligus untuk melestarikan budaya yang dimiliki Indonesia.

"Di sini kita juga libatkan orang tua atau wali murid. Karena kami sangat sadari, melibatkan mereka sebagai sesuatu yang sangat penting," sebutnya.

Dia juga mengungkap sisi keunikan di setiap ruang kelas yang dberi nama kerajaan-kerajaan Islam tersebut. Dari setiap kelas dipilih satu duta dari kerajaan Islam yang menjadi nama ruang kelasnya. 

"Duta yang dipilih diharapkan dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Istilahnya kita pilih gaet. Ketika ada kunjungan, dia nanti akan menceritakan asal usul nama kerajaan Islam yang menjadi nama ruang kelasnya," ungkapnya.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut