get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Ini hingga 4 Juli

Ikan-ikan di Sungai Serayu Banyumas Mabuk, Pertanda Apa?

Sabtu, 02 April 2022 | 05:49 WIB
header img
Warga menangkap ikan yang mabuk dan muncul ke permukaan air di Sungai Serayu. (iNewsTV/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNewsSemarang.id - Fenomena langka terjadi terjadi di Sungai Serayu, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jumat (1/4/2022). Ribuan ikan mendadak muncul ke permukaan sungai itu.

Berbagai jenis ikan seperti  ikan paceman, ikan yawes, ikan melem yang merupakan ikan khas Sungai Serayu ini dengan mudah ditangkapi warga.

Ratusan warga di sepanjang sungai pun berbondong-bondong menangkap ikan yang sedang mabuk.

Keramaian warga menangkap ikan yang sudah mengambang lemas tersebut pun menarik perhatian para pengguna jalan yang kebetulan melintas. Sehingga mereka berhenti untuk sekadar melihat fenomena tersebut di pinggiran Sungai Serayu. 

Warga sekitar bantaran Sungai Serayu mengaku sangat gembira mengetahui adanya ikan yang mengambang karena mabuk. Warga lainnya yang melihat hal ini berupaya menangkap ikan sebanyak mungkin dengan alat sederhana yaitu seser jaring.

Dalam waktu tak lama, warga telah mendapatkan berbagai jenis ikan air tawar sebanyak satu karung atau sekitar 100 kilogram. Satu ekor ikan ini sendiri beratnya cukup membuat warga senang yaitu antara 1 hingga 5 kilogram. 

Menurut warga, ikan yang didapat nanti akan dibagi ke tetangga atau yang ingin makan ikan dari Sungai Serayu. 

“Fenomena ini adalah hal yang perlu dicermati, karena walau ini hal biasa tapi ini juga akibat adanya dugaan racun amonia hingga ke dasar sungai. Selain itu juga pengaruh hawa panas di dalam air,” kata Ipung. 

Indikasi adanya panas di dasar sungai terlihat dari  adanya ikan baceman yang hanya ada di dasar sungai serayu telah muncul ke permukaan ini pertanda bahwa Serayu sedang tidak baik pada kondisi dasar sungai. 

Editor : Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut