get app
inews
Aa Text
Read Next : Percepat Respon Penanganan Banjir, Pemkot Semarang-Ilkom Undip Gelar Kampanye #Ngadudilaporsemar

Kenalkan Kanal Aduan dan Layanan Darurat, Pemkot Semarang Gelar Lapor Semarang Goes to School

Rabu, 10 September 2025 | 05:59 WIB
header img
Pemkot selenggarakan Lapor Semarang Goes to School Vol.I Tahun 2025, Selasa (9/9) di Aula SMP Negeri 5 Semarang. (Foto: Dok Pemkot)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Berupaya menyasar kalangan siswa sekolah terkait layanan komunikasi publik di Kota Semarang, Pemkot selenggarakan Lapor Semarang Goes to School Vol.I Tahun 2025, Selasa (9/9) di Aula SMP Negeri 5 Semarang. Melalu acara tersebut diharapkan para siswa SMP mengenal Layanan Pengaduan Pelayanan Publik Lapor Semar Solusi AWP, layanan Call Center 112, dan Layanan Informasi PPID yang disediakan oleh Walikota Semarang, Agustina bagi masyarakat di Kota Semarang.

Sub Koordinator Pengelolaan aspirasi dan Informasi, Wulan Asih Setyarini menyebutkan bahwa gen Z yang mendominasi di era digitalisasi ini memiliki peran yang strategis salah satunya sebagai duta informasi dan motor penggerak di kalangan masyarakat. 

“Untuk itu ketika para siswa mengenal Layanan Lapor Semar Solusi AWP, Layanan Darurat call center 112, dan layanan informasi ppid harapannya bisa menyebarluaskan di lingkup sekolah dan masyarakat tentang cara menyampaikan kritik, masukan dan permohonan penanganan darurat kepada pemerintah kota,” tuturnya didepan 194 pengurus OSIS dan guru dari 64 SMP se Kota Semarang.

Ia berharap para siswa dan guru dapat memanfaatkan kanal-kanal ini guna meningkatkan pembangunan di Kota Semarang.

“Kota yang baik tidak hanya dibangun oleh Pemerintah melainkan juga oleh masyaraktnya yang peduli,” tambahnya.

Tidak disangka para peserta antusias mengikuti hingga sesi terakhir. Para perwakilan sekolah tersebut berebut untuk mendapatkan kesempatan bertanya dan mengutarakan pendapatnya yang kritis. 

Melalui Lapor Semar Solusi AWP, Azzahra dari SMP Negeri 12 Semarang memberikan harapan adanya fasilitas bus BRT bisa lebih nyaman buat penumpang, AC nya lebih dingin, armadanya lebih bersih, dan juga asapnya menjadikan polusi.

Sementara Anastasia dari SMP 20 Semarang menyebutkan bahwa dirinya semula bingung ketika harus menghafalkan nomor ambulancr, dqmkar, dan kepolisian, berkat acara ini dirinya bersyukur mengetahui bahwa melalui 112 panggilan darurat bisa menjadi lebih mudah. 

Editor : Arni Sulistiyowati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut