get app
inews
Aa Read Next : Kisah Maimunah, Tunanetra Penghafal Qur’an Dari Tirukan Suara Ustadz di Musholla

Tadarus Ramadan, Tuna Netra di Temanggung Baca Alquran Braille

Senin, 04 April 2022 | 21:17 WIB
header img
Para tuna netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra Penganthi Temanggung bertadarus dengan Alquran braille, Senin (4/4/2022). Foto: ANTARA/Heru Suyitno.

TEMANGGUNG, iNewsSemarang.id – Puluhan tuna netra di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Netra Penganthi Temanggung, Jawa Tengah, bertadarus di bulan suci Ramadan menggunakan Alquran braille.

Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk meraba ayat-ayat Alquran berhuruf braille di Masjid Al Hidayah di kompleks panti tersebut.

Suryadi (28) mengatakan sekitar dua tahun belajar membaca Alquran braille, dirinya perlahan-lahan mulai lancar. 

Menurut dia, membaca Alquran braille butuh ketekunan dalam menghafal dan memahami huruf-hurufnya, selain itu jari harus peka.

"Kami mengandalkan jari untuk membaca Alquran braille, jari harus sensitif," katanya.

Ia mengungkapkan syukur bisa membaca Alquran braille, sehingga bisa bertadarus di Bulan Ramadan. 

"Kami tidak ada target bisa khatam Alquran di Bulan Ramadan. Sebenarnya juga ingin khatam, namun perlu dipahami bahwa Alquran braille berbeda dengan Alquran biasa. Satu juz bisa satu jilid besar," katanya.

Seorang pembimbing di panti, Sumarni (49), mengatakan kemampuan penerima manfaat beragam, ada yang sudah bisa membaca tulisan braille namun ada pula yang belum bisa.

"Ada pelatihan khusus baca tulis Alquran braille. Ada guru tersendiri," katanya.

Ia menuturkan bagi yang sudah bisa bertadarus dengan membaca Alquran braille, sedangkan yang belum bisa dengan hafalan atau mendengarkan.

Dia mengatakan, pada Bulan Ramadnan ada waktu khusus untuk tadarus Alquran, yakni usai Salat Tarawih. Namun penghuni panti milik Pemerintah Provinsi Jateng ini tetap boleh bertadarus di luar waktu tersebut.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut