Pengamanan Nataru, KAI Daop 4 Terjunkan Puluhan Penjaga Perlintasan Ekstra Siap Siaga 24 Jam
SEMARANG, iNewsSemarang.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menggelar Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 di Halaman Griya Karya Semarang Tawang, Kamis (18/12). Apel dipimpin oleh Kepala Daop 4 Semarang KAI Suharjono.
Apel Gelar Pasukan ini menandai dilaksanakannya periode posko Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026 dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api. KAI menetapkan masa Angkutan Nataru 2025/ 2026 selama 18 hari yaitu mulai Kamis, 18 Desember 2025 hingga Minggu, 4 Januari 2026.
Pada Angkutan Nataru ini, KAI telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.
Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP agar tidak terjadi gangguan perjalanan KA dari faktor human error. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Nataru ini.

Personel Ekstra Amankan Perjalanan KA Masa Nataru
KAI Daop 4 Semarang menyiapkan personal ekstra guna memastikan dengan betul kelancaran angkutan penumpang menggunakan KA pada masa Nataru 2025/2026 ini.
Petugas prasarana kembali ditambahkan dengan jumlah sebanyak 105 personel yang akan bertugas di sepanjang jalur rel. Jumlah tersebut terdiri dari penjaga daerah pantauan khusus ekstra sebanyak 45 personel, petugas pemeriksa jalur ekstra sebanyak 13 personel, dan penjaga perlintasan ekstra 47 personel yang siap siaga 24 jam untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA.
Dari sisi pengamanan, KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan sebanyak 362 personel pengamanan yang terdiri dari 119 personel Polsuska, 200 personel Security, dan 5 personel Pengamanan Eksternal.
KAI Daop 4 juga menambah petugas pengamanan ekstra sebanyak 38 personel yang terdiri dari TNI dan Polri (Brimob dan K9 atau Anjing Pelacak). Personil keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta.
Tidak hanya itu, untuk melayani para pelanggan di Stasiun KAI menyiagakan 16 Customer Service Mobile yang akan berjaga di Stasiun Semarang Tawang sebanyak 5 personel, Semarang Poncol 5 personel, Tegal 3 personel, dan Pekalongan 3 personel.
Para pegawai kantor Daop 4 Semarang juga akan turut melaksanakan Posko Angkutan Nataru 2025/2026. Para petugas tersebut dikerahkan untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang
Dalam hal Kesehatan, KAI Daop 4 Semarang juga menyelenggarakan posko Kesehatan di 6 stasiun yaitu Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Cepu, Pekalongan, dan Ngrombo dimana di masing-masing stasiun tersebut akan standby satu orang dokter umum. Kemudian juga ada paramedis sebanyak 19 personel yang tersebar di seluruh Stasiun tersebut.
Fasilitas Pelayanan Nataru
Dari sisi fasilitas, KAI Daop 4 Semarang telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.
KAI Daop 4 Semarang menyediakan fasilitas air minum gratis Drinking Water Station di Stasiun Semarang Tawang 4 unit, Semarang Poncol 4 unit, Tegal 1 unit.
Editor : Ahmad Antoni