get app
inews
Aa Read Next : Ngemplang Pajak, Aset Truk Tangki Susu Disita KPP Pratama Boyolali

DJP Jateng II Sita Aset Perusahaan di Sragen, Menunggak Pajak Rp9,5 Miliar

Selasa, 12 April 2022 | 16:25 WIB
header img
Kendaraan yang disita Kanwil DJP Jawa Tengah II dari penunggak pajak di Sragen. Foto: Ist.

SOLO, iNewsSemarang.id – Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II menyita empat unit kendaraan bermotor milik sebuah perusahaan di Sragen karena belum melunasi tunggakan pajaknya yang mencapai Rp9,5 miliar. Adapun taksiran nilai aset yang disita mencapai Rp1 miliar.

Eksekusi sita dilaksanakan JSPN KPP Madya Surakarta pada 12 April 2022 dengan didampingi Kepala KPP Madya Surakarta, Guntur Wijaya Edi.

“Sita dilakukan sesuai prosedur yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa (UU PPSP). Penyitaan karena wajib pajak tidak segera melunasi tagihan pajak sesuai waktu yang telah ditentukan,” kata Guntur Wijaya Edi, Selasa (12/4/2022).

Guntur mengatakan, langkah-langkah penagihan aktif akan dilakukan jika wajib pajak tidak mengindahkan imbauan dari petugas pajak. Dirinya sangat menyayangkan sekali kalau sampai terjadi penyitaan. Sebab pihaknya sudah mengimbau dan mengedepankan langkah-langkah persuasif.

Setelah penyitaan, apabila dalam jangka waktu 14 hari penanggung pajak belum melunasi utang pajak beserta biaya penagihan, maka kendaraan roda empat yang menjadi objek sita akan dilelang dengan terlebih dahulu dilakukan pengumuman lelang.

Guntur mengapresiasi seluruh petugas di lapangan yang telah bekerja keras dalam rangka penegakan hukum pajak untuk mengamankan penerimaan negara.

"Tindakan ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi penunggak pajak, serta memberikan edukasi bagi wajib pajak pada umumnya tentang hak DJP untuk melakukan penyitaan," ucapnya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut