get app
inews
Aa Read Next : Adu Taktik Shin Tae-yong Vs Timur Kapadze di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Siapa Unggul?

Kisah Anak Buruh Tani yang Tidak Takut Bermimpi, Lulus S1 Cumlaude Kini Lanjut S2 UNY

Selasa, 12 April 2022 | 16:54 WIB
header img
Lulus S1 dengan predikat cumlaude, Mita Saputri kini melanjutkan studi S2 di UNY. Keterbatasan ekonomi tidak memupuskan mimpinya untuk menempuh pendidikan tinggi. Foto: Ist

Karena kondisi ekonomi, Mita kala itu harus membantu bekerja di kantin SMP Negeri 1 Ayah dari pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB. Di sela-sela itu, ia tak lupa belajar untuk dapat lolos ujian SBMPTN dengan membawa buku soal.

“Setiap membantu berjualan, saya membawa ransel besar berisi dua buku King SBMPTN” katanya.

Tak hanya belajar, Mita juga berikhtiar dengan berdoa, sholat tahajud serta Dhuha. Doanya pun dijabah oleh Allah SWT karena ia berhasil lolos SBMPTN di UNY pada prodi impiannya, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni.

Selama kuliah, ia juga aktif mengikuti berbagai kegiatan. Tak hanya itu, ia juga menjadi guru privat baca, tulis, hitung untuk anak TK, serta pelajaran bahasa Indonesia bagi siswa SMP dan SMA.

Bahkan, Mita sempat bekerja di salah satu toko parfum. Hal itu semata-mata dilakukan untuk mendapatkan uang lebih.

“Hal itu saya lakukan setelah selesai kuliah dan pada hari libur untuk menambah uang saku sekaligus meningkatkan keterampilan mengajar saya,” tutur gadis kelahiran Kebumen 05 April 1999 itu.

Kerja kerasnya berbuah manis, Mita dinyatakan lulus setelah 3 tahun 4 bulan menempuh pendidikan. Ia bahkan memperoleh predikat cumlaude dengan IPK 3,68.

Tak hanya itu, Mita kini juga melanjutkan pendidikan magister di UNY pada program Intake yang memulai kuliah pada Februari 2022 di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ia pun berpesan kepada para calon mahasiswa agar tidak takut bermimpi. Sebab, biaya tidak akan menghalangi segala mimpi yang kita punya asalkan punya niat dan kemauan untuk berhasil.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut