get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Tak Sampai 1 Menit, Hasyim Asy’ari Terpilih Ketua KPU dan Rahmat Bagja Ketua Bawaslu

Rabu, 13 April 2022 | 05:46 WIB
header img
usai dilantilk Presiden Jokowi, ketua komioner KPu rapat pleno, sepakat memilih Hasyim As'ari sebagai ketua: Ant

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Hasyim Asy’ari dan Rahmat Bagja masing-masing terpilih sebagai Ketua KPU dan Bawaslu periode 2022-2027. Keduanya terpilih menjadi ketua melalui rapat pleno dengan para komisioner di lembaganya masing-masing.

Mochammad Afifudin selaku ketua rapat pleno, mengatakan proses pemilihan Ketua Bawaslu berlansung singkat. "Proses pemilihan ketua, alhamdulillah dalam waktu kurang dari 1 menit sodara kita Mas Hasyim sebagai ketua KPU periode 2022-2027," kata Afif dalam sambutannya, di acara serah terima jabatan yang digelar di kantor KPU RI, Selasa (12/4/2022).

Mantan Anggota Bawaslu RI ini menyampaikan kegiatan selanjutnya pengambilan keputusan secara kolegial akan dipimpin Hasyim Asy'ari.

Sementara itu, Rahmat Bagja terpilih sebagai Ketua Bawaslu atas keputusan bulat para anggota Bawaslu.
"Bapak Rahmat Bagja diberi amanah untuk memastikan proses kolektif kolegial kepemimpinan Bawaslu RI dapat berjalan sebaik-baiknya sebagai langkah memastikan pengawasan kualitas demokrasi kita akan mengalami kemajuan," kata Anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam jumpa persnya secara daring, Selasa (12/4/2022).

Anggota Bawaslu RI lainnya, Puadi menyampaikan bahwa dalam rapat pleno ini, pihaknya sangat cair dalam menentukan sosok ketua Bawaslu. Sehingga, praktis tak ada perbedaan pendapat. "Pada saat mentukan proses pleno tidak ada perdebatan dalam menentukan ketua Bawaslu RI," ujar Puadi.

Sebelum rapat pleno pemilihan ketua, tujuh komisoner KPU dilantik secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/4/2022). Para komisioner KPU 2022-2027 adalah Yulianto Sudrajat, Parsadaan Harahap, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Idham Holik, Mochammad Afifuddin, dan August Mellaz.

Sementara komisoner Bawaslu yang berjumlah 5 personil, meliputi Rahmat Bagja, Puadi, Totok Haryono, Herwyn Jefler H Malonda, dan Lolly Suhenty.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut