get app
inews
Aa Read Next : Produksi SKT, Sampoerna Kembali Tambah Kemitraan dengan Pengusaha Lokal di Karanganyar

Tingkatkan Daya Saing SDM Lokal, Mujib Rohmat: Hubungkan Dunia Pendidikan dengan Industri

Sabtu, 23 April 2022 | 08:15 WIB
header img
Sarasehan Anggota DPRI RI Mujib Rohmat dengan PWI dan IKA PMII Kendal, Jumat (22/4/2022). Foto: Ist

KENDAL, iNewsSemarang.id – Industri yang saat ini menjadi sektor unggulan bagi Kabupaten Kendal diharapkan dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan, khususnya bagi tenaga kerja lokal. Namun demikian, dalam merekrut tenaga kerja, dunia industri akan mengutamakan keterampilan dan kompetensi.

Anggota DPR RI Mujib Rohmat, saat menjadi narasumber dalam sarasehan dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kendal pada Jumat (23/4/2022), mengatakan pemerintah daerah perlu memberikan perhatian terhadap sektor pendidikan. Menurutnya pendidikan merupakan sektor utama untuk memajukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Jadi, tidak bisa semata-mata mengutamakan tenaga kerja lokal, kalau ternyata tenaga kerjanya tidak siap pakai. Inilah perlunya menghubungkan kebutuhan industri dengan calon tenaga kerja lokal. Apa saja yang masih menjadi gap, agar disiapkan, sehingga SDM lokal bisa terserap,” kata anggota DPR Komisi X yang membidangi masalah pendidikan ini.

Lebih lanjut, Mujib yang merupakan putra daerah asal Kendal mendorong pemerintah daerah untuk merumuskan kebutuhan pendidikan di kabupaten Kendal berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Melalui dapodik ini, tegasnya, profil pendidikan di Kabupaten Kendal dapat dipotret secara faktual.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut