get app
inews
Aa Read Next : GP Ansor Temui Presiden Jokowi di Istana Hari Ini, Ada Apa?

Jokowi Bebaskan Penumpang Kereta hingga Pesawat Tes PCR, Kemenhub: Berlaku setelah Ada Surat Edaran

Selasa, 17 Mei 2022 | 21:34 WIB
header img
Ilustrasi Tes PCR.(Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kementerian Perhubungan merespon kebijakan  Presiden Joko Widodo yang menyebut para pelaku perjalanan yang sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap dibebaskan dari tes PCR atau antigen.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan kebijakan bebas tes PCR dan antigen akan berlaku setelah ada surat edaran dari instansi terkait. Dalam hal ini, Kemenhub akan segera menerbitkan surat edarannya dalam waktu dekat. 

Menurut dia, Kemenhub akan mendukung kebijakan tersebut, seperti ketentuan yang diberlakukan pemerintah sebelumnya. Namun masyarakat diminta bersabar menunggu surat edaran terkait pemberlakuan kebijakan baru tersebut. 

“Kami mendukung ketentuan tersebut dan seperti ketentuan-ketentuan sebelumnya, aturan akan dituangkan dlm SE satgas terlebih dahulu,” kata Jubir Adita saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (17/5/2022). 

Dia mengungkapkan, kemenhub akan akan segera menyusun regulasi sebagai juknis bagi stakeholders.

“Setelah itu kami susun SE kemenhub terbut sebagi juknis bagi stakeholders dan koordinasi dengan pihak terkait,” ungkap Adita.

Tak hanya itu, Jokowi menilai kebijakan pelonggaran in diambil setelah pemerintah mencermati perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Bagi pelaku perjalanan dalam neger dan luar negeri yang sudah dapat dosis lengkap tidak perlu lagi melakukan tes PR maupun antigen," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022). 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut