get app
inews
Aa Read Next : Facebook dan Instagram Gangguan Teknis hingga Down, Ini Penjelasan Meta

Lolos SNMPTN Kedokteran Tak Mampu Bayar UKT, Mahasiswi ini Ditolong Orang Berkat Status Facebook

Jum'at, 03 Juni 2022 | 04:25 WIB
header img
Marselinda Morensia Mulalinda viral, karena Lolos masuk Pendidikan Dokter melalui jalur SNMPTN, namun terkendala biaya. (foto: facebook)

JAKARTA. iNewsSemarang.id  - Marselinda Morensia Mulalinda, viral karena dirinya  lolos masuk Pendidikan Dokter di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) namun terkendala biaya.

Dirinya menceritakan kondisinya tersebut melalui akun Facebook pribadinya dan kemudian menjadi viral setelah dibagikan ke media sosial lainnya oleh orang lain.

Dalam unggahannya tersebut, ia menceritakan kondisinya yang saat itu harus segera melunasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam 10 hari.

"Waktu yang saya miliki tinggal 10 hari lagi untuk menuju masa depan atau terhenti di sini," tulisnya.

Ia mengungkapkan bahwa dia mendaftar kuliah mengambil jurusan kedokteran pun tanpa sepengetahuan orang tuanya dan dia paham jika orangtuanya tidak akan mampu membiayai kuliahnya.

Pasalnya, ayah Marselinda bekerja sebagai tukang kayu atau bangunan, namun karena sudah lansia sang ayah sudah lama tidak mendapatkan panggilan untuk bekerja lagi.
Kemudian sang ayah beralih menjadi tukang ojek, namun jika sakit asam urat dan kolesterolnya kambuh, sang ibulah yang menggantikan ayahnya mengantar penumpang.

"Orang tua saya sudah berusaha namun batas pembayarannya tinggal 10 hari lagi dan kami belum mendapatkan jalan keluar sampai hari ini," tulis Marselinda.

Ia juga bercerita bahwa dirinya bisa bersekolah di SMAS Lokon St. Nikolaus Tomohon karena mendapat pembiayaan dari pemerintah Kota Bitung. Ia mendapatkan beasiswa karena prestasinya di masa SMP.

"Saya tidak punya biaya untuk kuliah. Saya hanya punya piagam-piagam dan medali ini yang saya kumpulkan selama SMA. Saya berharap ini semua bisa menolong saya untuk kuliah, namun saya tidak tahu bagaimana caranya. Waktu saya tinggal 10 hari lagi. Tolong bantu saya." pungkas Marselinda.

Keberuntungan masih berpihak untuk Marselinda. Tak berapa lama ia menceritakan kesulitannya membayar UKT, ia pun mendapatkan banyak perhatian dan bantuan dari berbagai pihak.

Ia mengabarkan kabar bahagia tersebut melalui akun Facebook-nya lagi. Menurut unggahannya, Kabid PSMA Disdikda Sulut, Sri Ratna Pasiak telah menghubunginya dan telah ke rumahnya untuk bertemu dengannya dan orangtua.

Pertemuan itu untuk mengabarkan bahwa biaya kuliah Marselinda akan dianggarkan oleh Pemerintah Kota Bitung.

Ia juga mengucapkan kepada seluruh orang yang terlibat dalam membantunya mulai dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, ASN di kota Bitung, Tim Percepatan Bidang Pendidikan Konsultasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Bitung.

"Tidak bisa saya balas kebaikan hati semuanya, hanya ucapan terima kasih yang teramat dalam dengan doa kepada Tuhan, kiranya Tuhan akan membalas kebaikan Bpk2, Ibu2, kakak2, saudara2 sekalian. Terima kasih sudah menjadi malaikat penolong untuk saya. Salam hormat saya, Marselinda Morensia Mulalinda," tutupnya

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut