get app
inews
Aa Read Next : Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu! Ini 8 Faktor yang Mempengaruhi Penentuan UKT di PTN

Daftar 10 PTN Punya Biaya UKT Termahal di Indonesia 2024, Ada UNS dan Undip

Jum'at, 24 Mei 2024 | 15:10 WIB
header img
Berikut ini daftar 10 PTN ini punya biaya UKT termahal di Indonesia 2024.(Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Berikut ini daftar 10 PTN ini punya biaya UKT termahal di Indonesia 2024. Belakangan ini kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) menuai protes mahasiwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mahasiswa melakukan protes dengan membuat konten media sosial dan melakukan demo ke hadapan rektorat hingga mengadu ke DPR RI.

Kenaikan UKT ini dinilai dapat mengancam keberlangsungan pendidikan berbagai kalangan ke jenjang yang lebih tinggi. Kenaikan UKT ini juga dapat membuat mahasiswa tidak dapat melanjutkan perkuliahan karena kendala biaya.

10 PTN ini punya biaya UKT termahal di Indonesia 2024:

1. Universitas Indonesia (UI)
Universitas yang digadang-gadang sebagai universitas terfavorit di Indonesia ini menjadi universitas yang diincar banyak calon mahasiswa. Bagaimana tidak, pada 2023 lalu UI masuk dalam peringkat 10 di Asia Tenggara dan 49 di Asia.
Tidak heran jika UKT yang UI miliki cukup tinggi. Berdasarkan laman resminya UI mematok UKT Rp7,5 juta pada biaya operasional pendidikan berkeadilan dengan rumpun saintek S1. Kemudian UI memasang UKT maksimum Rp25,2 juta setiap semester dengan jalur mandiri.

2. Unversitas Gadjah Mada (UGM)
UGM memiliki dua pilihan UKT, yakni UKT pendidikan unggul dan UKT pendidikan unggul bersubsidi. UKT pendidikan unggul memiliki biaya pendidikan yang berkisar dari Rp 7,6 - Rp 24,7 juta. Kemudian untuk UKT pendidikan unggul bersubsidi memiliki kisaran Rp 0 (subsidi 100%) hingga Rp 18,52 juta (subsidi 25%). Untuk jalur mandiri memiliki biaya maksimum Rp 20 juta per semester.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institusi yang merupakan tempat menuntut ilmu Bung Karno saat era kolonial ini masuk dalam jajaran kampus dengan UKT tinggi. Dari laman ITB, UKT untuk jalur SNBP berkisar di angka Rp0 sampai Rp12,5 juta. Untuk sekolah bisnis dan manajemen ITB memiliki UKT yang berbeda yakni Rp20 juta. ITB menetapkan UKT maksimum Rp24 juta untuk jalur mandiri.

4. Universitas Airlangga (Unair)
Unair miliki 4 golongan UKT untuk S1 SNMPTN dan SBMPTN. Dari golongan 1 hingga golongan IV berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp25 juta. Unair mematok Rp15,5 juta untuk jalur mandiri.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut