Berharga Fantastis, Berikut Ragam Manfaat Muntahan Ikan Paus

Dian Awaliyah
Muntahan ikan paus atau ambergris sebagai bahan parfum, obat bahkan makanan dan minuman. Foto: Viralrress

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ambergris atau yang lebih dikenal dengan muntahan ikan paus terbentuk dari sekresi saluran empedu pada usus paus selama bertahun-tahun, sehingga setelah dimuntahkan bentunya akan mengeras seperti batu berwarna abu kehitaman. 

Pembentukannya yang amat lama membuat muntahan ikan paus langka sehingga tak heran jika harganya dapat mencapai milyaran. Para ahli berpendapat ambergris dikeluarkan melalui mulut ataupun saluran pembuangan, dimana seringkali ditemukan terbawa arus laut dan terdampar di pantai.

Tak hanya berharga fantastis, ambergris ternyata memiliki manfaat yang amat beragam, diantaranya:
1. Campuran Parfum
Siapa yang tidak mengenal merek parfum kenamaan Chanel, ambergris yang memiliki aroma kuat dan dapat bertahan lama ternyata menjadi salah satu komposisi dalam pembuatan parfum Chanel.
2. Obat
Ambergris juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Berdasarkan penelusuran selama abad pertengahan, bangsa Eropa menggunakan ambergris sebagai obat sakit kepala, pilek, bahkan epilepsi, serta penyakit lainnya. Bangsa Mesir kuno juga menjadikan ambergris sebagai dupa untuk pengharum rokok. 
3. Makanan dan Minuman
Raja Charles II dari Inggris biasa menyantap bongkahan muntahan ikan paus ini bersama telur. Ambergris juga digunakan sebagai penyedap dalam kopi turki serta campuran cokelat panas di Eropa pada abad ke-18. 

Keberadaanya yang semakin langka membuat harga ambergris kian melambung, saat ini harga per-kilogram berada di kisaran 40.000 dolan ASS atau sekitar 571 Juta rupiah. Harganya yang fantastis membuat orang-orang yang berhasil menemukan ambergris bagaikan ketiban rezeki nomplok. 

Awal Maret lalu, seorang perempuan Thailand menemukan bongkahan ambergris seberat 7 kilogram dan dijual Rp3,6 miliar. Penemuan terbaru di Terengganu, Malaysia, seorang perempuan yang sedang memancing bersama keluarganya menemukan ambergris seberat 5 kg mengapung di pantai yang nilainya ditaksir mencapai Rp3 miliar. 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network