Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Struktur dan Pengertian

Assyifa Nurul Aini/NET Semarang
Ilustrasi/Ist

Kumpulan contoh teks eksposisi singkat beserta struktur, judul: Memelihara Ikan

[Tesis]

Memelihara ikan itu merupakan hal yang sulit, tetapi banyak orang menjadikannya sebagai hobi, karena memberikan kesenangan tersendiri. Gerakan-gerakan ikan yang lembut ini memberi ketenangan bagi orang yang melihatnya.

[Argumentasi]

Hobi memelihara ikan memiliki ketelitian khusus. Kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis ikan yang akan dipelihara, termasuk ke dalam jenis ikan air tawar atau air laut. Hal ini menjadi penentu air yang akan dipersiapkan dalam akuarium, supaya kualitas dan keindahan ikan tetap terjaga. Harus diingat juga bahwa jangan menyatukan ikan pemangsa dengan ikan yang lainnya. Kemudian, mencari tahu jenis makanan dan takarannya yang tepat. Pilihlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan ikan dan berikan penerangan yang cukup agar ikan merasa betah, serta jagalah kebersihan dengan menguras akuarium secara rutin.

[Penegasan Ulang]

Ikan yang terawat akan berenang-renang dengan indah. Meskipun merawatnya tidak mudah, ikan-ikan yang indah itu tentu akan memberikan kesenangan dan ketenangan bagi orang yang melihatnya.

Kumpulan contoh teks eksposisi singkat beserta struktur, judul: Kemacetan Jakarta

[Tesis]

Kemacetan di Jakarta telah mencapai tahap memprihatinkan. Setiap pagi hari dan sore hari jejeran kendaraan roda empat dan roda dua memenuhi setiap sudut jalan di Jakarta. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat pengguna jalan untuk memilih transportasi umum.

[Argumentasi]

Kemacetan ini disebabkan oleh mereka yang lebih memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi. Selain itu, disebabkan juga karena jumlah kendaraan yang selalu meningkat setiap tahun dan tidak diimbangi dengan perluasan jalan di Jakarta.

[Penegasan Ulang]

Jalanan di Jakarta akan berkurang kemacetannya saat pagi hari dan sore hari, jika sebagian besar masyarakat memiliki keinginan untuk menggunakan transportasi umum.

[Tesis]

Banjir telah menjadi peristiwa tahunan di beberapa daerah, khususnya Jakarta. Setiap musim hujan, hampir dapat dipastikan sebagian besar wilayah di Jakarta tergenang banjir dan biasanya banjir ini terjadi bukan tanpa sebab.

[Argumentasi]

Menurut salah satu peneliti pada pusat penelitian geoteknologi lembaga ilmu pengetahuan Indonesia, mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan Jakarta dilanda banjir, yaitu kapasitas sungai dan saluran yang ada di Jakarta tidak mampu menampung air, dan kondisi alami geologis Jakarta. Kondisi masyarakat Jakarta masih banyak yang belum memiliki kepedulian untuk menanggulangi banjir, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan membuat lubang biopori di rumah.

[Penegasan Ulang]

Oleh karena itu, kepedulian dan kesadaran masyarakat Jakarta untuk menanggulangi banjir sangat diperlukan. Masyarakat dapat memulai dari hal yang sederhana, yaitu tidak membuang sampah sembarangan dan membuat lubang biopori di halaman rumah.

Itulah beberapa kumpulan contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi belajar kamu, semoga bermanfaat ya.

Editor : Sulhanudin Attar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network