Upacara HUT ke-77 RI, Ketua DPRD Kendal Bacakan Teks Pembukaan UUD 1945

Rizqa Leony Putri
Ketua Dewan bertindak sebagai pembaca teks pembukaan UUD 1945 Upacara pengibaran bendera merah putih. (Foto: dok DPRD Kendal)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI yang digelar di Alun-alun Kendal pada Rabu (17/8/2022) pagi dan sore.

Pada upacara pengibaran bendera, Ketua Dewan bertindak sebagai pembaca teks pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD)1945, sedang Bupati Kendal Dico M Ganinduto bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan Teks Proklamasi.

Upacara diikuti seluruh jajaran Forkopimda, kepala OPD, pimpinan BUMD, camat, pimpinan Ormas, dan elemen masyarakat lainnya. Selain itu, para ASN di lingkungan Pemkab Kendal, termasuk Sekretariat DPRD Kendal, dan para siswa SMP-SMA, TNI, Polri, para veteran dan purnawirawan.

Dalam amanat upacara, Bupati Kendal membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengajak masyarakat untuk tidak melupakan sejarah dan menjaga semangat kebhinekaan yang telah diajarkan oleh para pendahulu.

“Kuncinya adalah jas merah jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Sejarah adalah tauladan lengkap. Kaca benggala besar bagi kita untuk merumuskan dan menentukan sikap hari ini sekaligus menata kita untuk masa depan,” kata Bupati Kendal membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo menekankan negara ini didirikan bukan untuk satu suku, bukan untuk satu ras, agama, maupun golongan. "Sejak negara ini dirancang sudah melibatkan banyak tokoh dari berbagai suku, berbagai ras, bermacam agama dan golongan,” katanya.

Usai upacara, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyerahkan surat remisi atau pengurangan hukuman pada sejumlah narapidana Lapas Kelas II A Kendal secara simbolis.

Ketua DPRD Kendal yang hadir bersama istri, Af'idatul Budur serta Bupati Kendal yang juga hadir bersama istri, Wynne Frederica berfoto bersama dengan jajaran Forkopimda.

"Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-77 ini menjadi momentum kita semua untuk menumbuhkan optimisme membangun Kabupaten Kendal. Tentunya, butuh kerja sama dari semua pihak, tidak hanya pemerintah tapi juga seluruh elemen masyarakat," ucap Ketua Dewan.

Editor : Rizqa Leony PutriMPI Marketing

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network