Deretan Fakta Gautam Adani, Orang Asia Pertama Terkaya ke-2 Dunia yang Hanya Lulus SMA

Suparjo Ramalan
Deretan fakta tentang Gautam Adani pengusaha batu bara asal India yang menjadi orang terkaya nomor 2 dunia (Ist)

3. Total Kekayaan Bersih Gautam Adani

Ketika Adani menggeser peringkat Bezos pada Jumat (16/9/2022), kekayaan Gautam Adani tercatat sebesar 146,9 miliar dolar AS atau setara Rp2.203,38 triliun.

Sedangkan kekayaan Musk di waktu yang sama mencapai 260 miliar dolar AS atau setara Rp3.899,79,8 triliun. Adapun kekayaan bersih Bezos merosot menjadi 145,8 miliar dolar AS atau Rp2.186,88 triliun.

Sementara berdasarkan Indeks Miliarder Bloomberg terkini, kekayaan Musk sebesar 264 miliar dolar AS atau Rp3.959,79 triliun. Sedangkan Adani dan Bezos sama-sama mengantongi 147 miliar dolar AS atau Rp2.204,88 triliun. Namun dalam daftar tersebut, Adani tetap di urutan kedua dan Bezos ketiga.   

4. Sumber Kekayaan Gautam Adani

Sebagian besar kekayaan Gautam Adani terkait dengan kepemilikan konglomerasi Adani Group yang luas.  Grup ini mengoperasikan berbagai bisnis termasuk pelabuhan dan batu bara yang berkembang pesat.

Pengusaha India berusia 60 tahun itu telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan perusahaan konglomerasi batu bara ke pelabuhan, melakukan ekspansi ke sejumlah sektor, mulai dari pusat data hingga semen, media, dan alumina. Adani Group sekarang memiliki operator pelabuhan dan bandara swasta terbesar di India, distributor gas kota, dan penambang batu bara. Dia juga masuk ke bisnis energi terbarukan.

Saham beberapa perusahaan Adani telah melonjak lebih dari 1.000 persen sejak Juni 2020, dengan valuasi mencapai 750 kali lipat pendapatan. Itu karena dia fokus pada bidang-bidang yang dianggap penting oleh Perdana Menteri Narendra Modi untuk memenuhi tujuan jangka panjang India.

Bahkan, saham Adani Enterprises andalannya melesat lebih dari 115 persen pada tahun ini. Sementara poros ke energi hijau dan infrastruktur membuat Adani memenangkan investasi dari sejumlah perusahaan asing, termasuk Warburg Pincus dan TotalEnergies SE. Lonjakan harga batu bara dalam beberapa bulan terakhir juga membantu mengerek kekayaannya.

5. Cuma Lulusan SMA

Adani lahir dalam keluarga Gujarati-Jain pada 24 Juni 1962 di Ahmedabad, Gujarat. Ayahnya seorang pedagang tekstil. Dia bersama 7 saudara kandung dan orang tuanya bermigrasi dari kota kecil Tharad di bagian utara Gujarat dengan harapan bisa mendapatkan kesempatan yang lebih baik.

Adani menyelesaikan SMA di Sheth Chimanlal Nagindas Vidyalaya di Ahmedabad. Setelah itu, mendaftar kuliah di Universitas Gujarat, namun karena menyadari akademisi tidak cocok dengannya, membuatnya memutuskan berhenti kuliah setelah tahun kedua kuliah.   

Dia memilih bekerja sebagai penyortir berlian, kemudian mendirikan perusahaan pialang berlian sendiri di Zaveri Bazaar, pasar perhiasan Mumbai yang tak tertandingi.
Selanjutnya Adani membantu bisnis kakaknya, lalu memulai bisnis impor polimer primier dan mendirikan Adani Export Limited, perusahaan induk Grup Adani, yang dalam perjalanannya membawa dia menjadi orang terkaya di Asia dan kedua di dunia.

Itulah sejumlah fakta menarik tentang Gautam Adani orang Asia pertama yang berhasil menduduki peringkat tertinggi orang terkaya dunia.

Editor : Sulhanudin Attar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network