Deretan Fakta Gautam Adani, Orang Asia Pertama Terkaya ke-2 Dunia yang Hanya Lulus SMA

Suparjo Ramalan
Deretan fakta tentang Gautam Adani pengusaha batu bara asal India yang menjadi orang terkaya nomor 2 dunia (Ist)

JAKARTA, iNewsSemarang.idPengusaha batu bara asal India, Gautam Adani, menduduki posisi ke-2 orang terkaya dunia setelah menggeser pendiri Amazon Jeff Bezos. Orang terkaya Asia yang pada awal tahun ini berada di urutan ke-14, sebelumnya juga telah berhasil menggeser sejumlah konglomerat dunia.

Dalam daftar Indeks Miliarder Bloomberg, Adani berada tepat di bawah Elon Musk. Musk tetap bertahan di posisi puncak orang terkaya dunia dengan kekayaan nyaris Rp4.000 triliun.

Berikut ini 5 fakta Gautam Adani, orang terkaya ke-2 di dunia, yang dirangkum inews.id dari berbagai sumber.

1. Orang Asia Pertama Duduki Peringkat Tertinggi Daftar Orang Terkaya Dunia

Adani menjadi orang Asia pertama yang mendapat peringkat sangat tinggi dalam daftar orang terkaya dunia versi Bloomberg. Daftar orang teraya selama ini didominasi oleh pengusaha teknologi berkulit putih.

Hanya dalam waktu sekitar 2 minggu, posisinya naik dari orang kaya ketiga pada akhir Agustus lalu menjadi orang terkaya kedua pada Jumat kemarin.  

2. Melesat 12 Peringkat Kurang dari 10 Bulan

Adani hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 bulan untuk menjadi orang terkaya kedua di dunia. Dia mengawali tahun ini, dengan berada di peringkat ke-14.
Pada Februari lalu, berdasarkan data Forbes, Adani menyalip sesama konglomerat India Mukesh Ambani untuk menjadi orang terkaya di Asia dan orang terkaya dunia di peringkat ke-10. Saat itu, kekayaannya sebesar 90,1 miliar dolar AS.

Peringkatnya terus menanjak sejak saat itu. Dia berhasil menggeser konglomerat elit lainnya, di antaranya Warren Buffett dan Bill Gates. Kemudian pada akhir bulan lalu, dia menggeser posisi konglomerat barang mewah asal Prancis Bernard Arnault menjadi orang terkaya ketiga di dunia, dengan kekayaan bersih sebesar 137,4 miliar dolar AS.

Dan pada Jumat (16/9/2022), pengusaha 60 tahun itu kembali memperbaiki posisinya, dengan menggeser Jeff Bezos di posisi kedua. Adapun 10 orang terkaya dunia berdasarkan Indeks Miliarder Bloomberg terkini, secara berurutan dari posisi 1-10, yakni Elon Musk, Gautam Adani, Jeff Bezos, Bernard Arnault, Bill Gates, Warren Buffett, Larry Page, Sergey Brin, Larry Ellison, dan Mukesh Ambani.

Editor : Sulhanudin Attar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network