Jadi Warisan Budaya Takbenda, Tempe Mendoan Tampil di Google Doodle Hari Ini

Dini Listiyani
Tempe Mendoan Tampil di Google Doodle hari ini. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Google Doodle hari ini menampilkan tempe mendoan yang merupakan bagian ikonik dari masakan Indonesia dan dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada hari ini di tahun 2021. Doodle tersebut diilustrasikan oleh artis tamu Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Dilansir dari keterangan resmi Google, Sabtu (29/10/2022), tempe sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi berusia 400 tahun dan biasanya terbuat dari kedelai. Namun, dapat pula dibuat dari banyak kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan lainnya dengan proses fermentasi yang sama.

Doodle hari ini menampilkan tempe mendoan, salah satu varian gorengan di Indonesia. Tempe pertama kali didokumentasikan pada 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi 12 jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada 1814. 

Orang di seluruh dunia biasanya mengonsumsi tempe sebagai pengganti daging, dipadukan dengan nasi dan sayuran. Makanan ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan usus dan otak. 

Kaya akan nutrisi seperti protein, serat, prebiotik, dan vitamin B12, makanan berbahan dasar kedelai yang diproses secara minimal ini menjadi pilihan populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia dan muncul di kalangan pencinta kesehatan di seluruh dunia. 

Berbagai daun dapat digunakan untuk membungkus tempe selama fermentasi. Daun waru, jati, dan jambu adalah beberapa yang tertua. Sedangkan daun pisang adalah yang paling populer di Indonesia. 

Ada banyak cara untuk mengonsumsi tempe, tapi karena rasanya enak, tempe goreng menjadi hidangan yang paling populer. Tempe goreng biasanya dipadukan dengan berbagai jenis sambal dan kecap manis. 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network