4 Resep Olahan Tempe Rendah Kolesterol, Cocok Jadi Menu Diet Kamu!

Wiwie Heriyani
4 resep olahan tempe rendah kolesterol. (Foto : Freepik)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Tempe adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang kaya akan protein itu selain memiliki rasa yang nikmat, juga memiliki banyak manfaat dan sangat terjangkau untuk dikonsumsi setiap hari.

Tak hanya mengandung protein, tempe juga memiliki serat yang tinggi. Nah, kandungan serat ini berguna buat kamu yang sedang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal. Serat pada tempe juga berfungsi sebagai pengikat kolesterol dalam tubuh.

Meski begitu, tempe bisa menjadi salah satu sumber kolestrol jahat jika tidak diolah dengan tepat. Nah, karena itu, Anda bisa mengintip beberapa olahan tempe rendah kolestrol berikut ini yang bisa dibuat secara mudah dirumah. Apa saja itu? Berikut diantaranya, dikutip dari berbagai sumber, Jum'at, (6/1/2023).

1. Pepes tempe

Pepes tempe menjadi makanan yang pas dikonsumsi saat diet karena merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, sajian ini memiliki kalori dan kolestrol yang rendah.

Nah, pepes tempe ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang bosan dengan makanan yang hanya direbus saja. Selain tempe, kamu juga perlu menyiapkan daun jeruk, daun salam, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri serta daun pisang.

Setelah itu, potong tempe, daun jeruk dan daun salam sesuai selera. Haluskan semua bumbu, kemudian tumis bersama dengan tempe. Bungkus adonan tersebut dengan daun pisang dan kukus selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Setelah itu, pepes tempe siap untuk disajikan.

2. Oseng cabe tahu tempe

Hidangan satu ini adalah hidangan sederhana dari tempe namun lezat dan kaya protein. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan berupa 1 sendok makan minyak goreng, 10 buah tempe siap goreng, 10 buah tahu siap goreng, 200 gram cabai merah atau rawit, dan 8 buah bawang merah berukuran kecil.

Cara memasaknya, goreng tahu dan tempe dengan minyak, sampai setengah matang, kemudian angkat tiriskan. Lalu, tumis bawang merah dengan sisa minyak goreng tadi, masak sampai setengah makan. Masukkan irisan cabe, masak sampai setengah matang. Selanjutnya, masukkan gorengan tempe dan tahu, tambahakan garam secukupnya kemudian siap disajikan.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network