get app
inews
Aa Read Next : Startup Nestra Kottama Unnes Unjuk Inovasi Kopi dan Rempah Berkelanjutan di Try Everything 2024

Inovasi Camilan Sehat, LPPM Unnes Kembangkan Tempe dengan Fortifikasi Daun Kelor

Minggu, 19 Mei 2024 | 14:12 WIB
header img
LPPM UNNES dalam acara FGD Penelitian Pengembangan Matching Fund tahun 2024 bertema “Pemasaran Keripik Tempe dengan Fortifikasi Tepung Daun Kelor untuk Mendukung Siaga Camilan Sehat”. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id LPPM Universitas Negeri Semarang (Unnes) sukses mengembangkan tempe dengan fortifikasi daun kelor sebagai komoditas makanan sehat. Inovasi olahan tempe itu mendapat apreasiasi dari Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Eddy Sulistiyo Bramiyanto, SE, MM.

Tempe merupakan komoditas yang mempunyai segmen pasar yang cukup luas tidak hanya dalam negeri juga sampai luar negeri.

Tempe juga sebagai salah satu produk tradisional Indonesia, telah lama dikenal sebagai sumber protein nabati yang berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Tempe tidak hanya menjadi bagian dari warisan budaya dan kuliner kita, tetapi juga memiliki potensi bisnis yang luas. 

Dengan kreativitas dan inovasi, tempe dapat diolah menjadi berbagai produk yang menarik dan memiliki nilai jual tinggi, selain keripik tempe yang sudah umum, ada beberapa UMKM yang sudah melakukan inovasi olahan tempe diantaranya coklat tempe, es cream dan lain-lainya. 

Riset Pengembangan Matching Fund 2024  menggandeng Mitra UKM Podo Senang dengan CV. RIT Sekar Sari yang telah memiliki perijinan dari BPOM RI MD (Makanan Dalam) berupa izin edar untuk produk pangan yang mengusung klaim fungsi makanan sebagai makanan sehat.

RITSS telah melakukan observasi tentang  beberapa inovasi camilan sehat yakni bakso tempe, otak-otak tempe bandeng, cokelat tempe dan makanan ringan dari bahan baku tempe segar yang telah diolah menjadi keripik, dengan tambahan bumbu rempah dan telur serta tepung daun kelor. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut