Fenomena Super New Moon yang akan Terjadi Sebentar Lagi, Terangnya Melebihi Bulan Purnama

Andera Wiyakintra , Okezone
Mengenal Super New Moon, Fenomena yang akan Terjadi Sebentar Lagi

SEMARANG, iNewsSemarang.id - BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menginformasikan bahwa sebentar lagi akan ada fenomena Super New Moon atau yang biasa disebut dengan fase bulan baru

Fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 21 januari 2023. Bukan hanya sekali, fenomena Super New Moon biasanya bisa terjadi sekitar 2-3 kali dalam setahun.

Dilansir dari NASA, fenomena ini terjadi ketika orbit Bulan berada di titik yang paling dekat (Perigee) ke Bumi di saat fase bulan penuh. Bulan sendiri mengorbit Bumi dalam lintasan berbentuk elips, sebuah yang akan membawa bulan lebih dekat atau lebih jauh dari Bumi saat berputar.

Titik terjauh dalam lintasan elips ini disebut Apogee dan berjarak rata-rata sekitar 253.000 mil (405.500 kilometer) dari Bumi.

Sebaliknya, titik terdekat dalam lintasan elips ini disebut dengan perigee, yang jarak rata-ratanya sekitar 226.000 mil (363.300 kilometer) dari Bumi. Ketika bulan purnama muncul di saat Perigee, bulan akan terlihat sedikit lebih terang dan lebih besar dari bulan purnama biasa, dari sinilah hadir istilah “Supermoon”.

Istilah "supermoon" sendiri diciptakan pada tahun 1979 dan sering digunakan untuk menggambarkan apa yang para astronom sebut sebagai bulan purnama perigean atau bulan purnama yang terjadi di dekat atau pada saat Bulan berada pada titik terdekat dalam orbitnya saat mengelilingi Bumi. (MG/Ajeng) 

 

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network