Ingat! 4 Nutrisi Ini Penting untuk Tunjang Tumbuh Kembang Anak 

Vien Dimyati
Penuhi nutrisi anak sejak dini (Foto: Bimi Boo)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya faktor genetik. Namun, selain faktor genetik, pemberian nutrisi yang baik juga sangat membantu proses pertumbuhan. Nutrisi merupakan stimulus yang dapat diserap dan diolah manfaatnya bagi organ tubuh.

Sehingga, agar anak menjadi generasi yang berkualitas, orang tua harus selalu memantau bagaimana tahapan pertumbuhan si anak. Orang tua dapat memantaunya melalui pengukuran berat dan tinggi badan, serta lingkar kepala.

Salah satu tips mengoptimalkan pertumbuhan anak adalah melalui pemberian nutrisi yang tepat.

Berikut adalah 4 nutrisi penting untuk menunjang tumbuh kembang anak agar lebih optimal: 

1. Protein

Kandungan protein dapat membantu meregenerasi dan membentuk jaringan tubuh anak. Studi pada 2019 mengungkapkan, protein mampu meningkatkan kadar insulin-like growth factor I (IGF-I). IGF-I merupakan hormon yang berpotensi menstimulasi pertumbuhan anak.

Kandungan protein terdapat pada tahu, telur, ikan, daging, daging ayam, dan susu. Orang tua juga dapat menambahkan Nutren Junior sebagai pelengkap nutrisi harian buah hati.

Kandungan sistein serta antioksidan di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

2. Zat besi 

Zat besi dibutuhkan oleh seluruh jaringan tubuh anak untuk produksi darah dan pembentukan otot. Kekurangan zat besi dapat berakibat pada melambatnya pertumbuhan si kecil. Anemia juga bisa terjadi akibat kekurangan zat ini.

Anak yang terkena anemia akan lebih cepat lelah dan lemas. Sehingga, akan berpengaruh pula pada aktivitas anak. Untuk mencegahnya, orang tua dapat memberi hidangan anak berupa sayuran berdaun hijau, daging sapi, serta makanan laut sebagai menu harian.

3. Vitamin B12 

Berdasarkan studi Vitamin B12, Folic Acid, and Growth in 6- to 30-Month-Old Children: A Randomized Controlled Trial di India Utara pada 2015, vitamin B12 dapat membantu anak-anak yang mengalami gangguan pertumbuhan meningkat kondisinya. Setelah diberikan asupan vitamin B12 secara rutin, mereka menunjukkan perubahan besar, terutama untuk penambahan tinggi badan.

Vitamin B12 bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan hewani, seperti ikan, daging unggas, dan berbagai produk yang terbuat dari susu. Variasikan sumber makanan ini agar anak tetap lahap makannya dan cukup asupan B12.

4.Kalsium

Kalsium diolah oleh tubuh anak dan berkontribusi terhadap kesehatan tulang. Di sisi lain, kekurangan nutrisi ini akan menghambat tinggi badan. Asupan kalsium dapat diperoleh dari berbagai makanan seperti keju atau sayuran berdaun hijau. Bersamaan dengan pemberian asupan nutrisi seimbang, selalu pantau pertumbuhan si kecil, baik tinggi badan dan secara keseluruhan. Observasi penting dilakukan sebagai langkah pencegahan dini timbulnya berbagai risiko penyakit. Bagaimanapun kesehatan anak adalah penunjang mereka tumbuh dan berkembang maksimal.

5. Akses Pendidikan 

Selain nutrisi, Anak-anak Indonesia juga membutuhkan pendidikan yang maksimal. Dengan demikian, ke depannya dapat menjadi generasi berkualitas. Menurut hasil penelitian di bidang psikologi, neurosains, dan pendidikan, menyimpulkan, rangsangan pendidikan awal pada anak sejak dalam kandungan hingga akhir masa usia dini (6-8 tahun) akan berdampak positif pada seluruh aspek perkembangan anak.

Menyadari pentingnya hal tersebut, SGM Eksplor bekerja sama dengan Lazada menjalankan program donasi nutrisi dan pendidikan di 11 kabupaten/kota di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian gerakan sosial “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia”.

Turut menggandeng organisasi sosial SOS Children’s Villages Indonesia, program tersebut bertujuan untuk mendukung penyaluran bantuan donasi. Sehingga, dapat menjangkau anak-anak Indonesia yang membutuhkan di berbagai daerah.

“Pada kesempatan ini, kami kembali berkolaborasi bersama Lazada untuk berkontribusi mendukung anak-anak di berbagai daerah di Indonesia yang masih menghadapi tantangan dan keterbatasan dalam hal pemenuhan nutrisi dan pendidikan,” terang Senior Brand Manager SGM Eksplor, Shiera Syabila Maulidya.

Penyaluran donasi tersebut ditujukan bagi anak-anak yang membutuhkan di berbagai daerah Kabupaten/Kota yaitu Medan, Banda Aceh, Meulaboh, Palu, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Sikka dan Tabanan.

“Melalui program kolaborasi ini, kami berharap penerima manfaat dapat memiliki kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengeksplorasi keterampilan dalam mengakses dunia digital. Dapat mendukung generasi Indonesia semakin maju dan tercipta lebih banyak lagi SDM Indonesia yang unggul dan berkualitas,” ujar Lia Kurtz, Senior Vice President, Category Director FMCG Lazada, Indonesia 

Fund Development and Communications Director SOS Children’s Villages Indonesia, Sumanda Tondang menyampaikan, dirinya telah melihat secara langsung bahwa masih banyak anak-anak yang menghadapi tantangan-tantangan akses nutrisi dan pendidikan di berbagai daerah. Diharapkan, dukungan tersebut dapat menjadi penyemangat bagi anak-anak penerima manfaat agar terus belajar dan mempunyai keterampilan mengoperasikan komputer. Bahkan, bakatnya bisa meningkatkan sampai dunia digital.

“Selain itu, mereka diharapkan mampu mengakses internet guna mempercepat perkembangan pengetahuan mereka agar dapat tumbuh jadi generasi maju,” harap Sumanda. (Mg/ Fathur).

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network