Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Kurangi Hipertensi, Mudah dan Murah

Kiki Oktaliani
pola makan sehat bisa membantu kurangi hpertensi. Sumber Foto: iNews.id

Semarang, iNewsSemarang.id- Hipertensi terjadi saat tekanan darah seseorang tinggi atau melampaui batas normal. Hipertensi disebut juga dengan penyakit darah tinggi. Jika dibiarkan, hipertensi bisa memicu kompiklasi kesehatan yang mengancam nyawa penderitanya.

Salah satu cara menurunkan dan mempertahankan tekanan darah secara optimal adalah dengan pola makan yang sehat. Memasukkan makanan yang kaya nutrisi, seperti kalium dan magnesium dinilai mampu meminimalisir tingkat tekanan darah dalam tubuh, berdasarkan hasil penelitian.

Mengutip situs Healthline, Sabtu (28/1/2023). Berikut ini ulasan selengkapnya:

Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Kurangi Hipertensi, Mudah dan Murah

1. Buah Jeruk

Buah dengan cita rasa manis dan asam ini ternyata memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Tak hanya jeruk, buah anggur dan lemon kaya akan vitamin, mineral dan senyawa nabati. Senyawa ini baik untuk kesehatan jantung, sebab meminimalisir faktor risiko penyakit jantung, misalnya hipertensi.

2. Biji labu

Kita sering mengonsumsi buah labu tapi tidak dengan bijinya, siapa sangka kandungan biji labu adalah sumber nutrisi yang penting untuk mengendalikan tekanan darah, seperti magnesium, kalium, arginin, asam amino, yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat. Oksida nitrat berperan dalam merelaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Minyak biji labu terbukti sebagai obat organik yang ampuh atasi hipertensi.

3. Wortel

Kandungan senyawa fenolik dalam wortel terbilang tinggi, asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic berperan mengurangi peradangan, mengendurkan pembuluh darah hingga menurunkan tingkat tekanan darah. Mengonsumsi wortel saat mentah lebih bermanfaat untuk menurunkan hipertensi walaupun kita bisa menikmatinya dengan cara dimasak dahulu, seperti direbus. Perlu diketahui, merebus wortel waktu yang lama bisa menghilangkan kandungan di dalamnya.

4. Berry

Blueberry, raspeberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi hanyalah sebagian dari  jenis buah beri yang dikaitkan dengan efek penurunan tekanan darah.   Kandungan antioksidan dalam buah berry sangat berlimpah. Termasuk anthocyanin, pigmen pemberi warna cerah pada buah berry. Menurut penelitian, anthocyanin bisa meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Namun masih perlu uji coba lanjutan pada manusia guna memastikan potensial tersebut.

5. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran hijau yang sering ditemui kehidupan sehari-hari misalnya sup atau olahan makanan lainnya. Seledri memiliki efek positif pada tekanan darah, karena kandungan senyawa Phthalides. Senyawa ini berperan mengendurkan pembuluh darah serta menurunkan hipertensi.

6. Brokoli

Sayuran hijau lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk menjaga sistem peredaran darah adalah brokoli. Hal ini karena Brokoli sarat dengan antioksidan flavonoid, yang membantu menurunkan tekanan darah dengan mengoptimalkan fungsi pembuluh darah serta menambah kadar oksida nitrat dalam tubuh.

(Mg/Shinta)

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network