Nunung Lebih Pilih Kemoterapi daripada Lakukan Operasi Pengangkatan Payudara, Ini Alasannya

Ravie Wardani
Nunung Srimulat. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Komedian Nunung divonis menderita kanker payudara stadium 1 beberapa waktu lalu. Dia pun menjelaskan bagaimana kondisi serta proses pengobatan kanker payudara yang diidapnya itu. Terkini, Nunung mengaku kondisinya kian membaik setelah menjalani kemoterapi.

Meski begitu, mantan personel grup lawak Srimulat ini mengaku kondisinya belum sembuh total. Nunung masih harus menjalani beberapa kali lagi kemoterapi.

Selain itu, istri Iyan Sambiran ini menegaskan bahwa dirinya tidak akan menjalani operasi pengangkatan payudara lantaran anjuran dari dokter.

"Kemo ini kan untuk mengecilkan benjolan agar payudara tidak terangkat, jadi mengecilkan benjolannya dulu nanti setelah benjolannya itu, InsyaAllah mengecil baru kita operasi," kata Nunung saat di temui awak media di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Operasinya itu cuma dikerok kelenjar getah beningnya aja, jadi payudaranya tetap dipertahankan," sambungnya.

Dokter menganjurkan hal tersebut lantaran menilai payudara Nunung masih bisa dipertahankan.

"Itu kemauan dokter kaya gitu, jadi ya kalau aku mau operasi kemarin-kemarin yaudah diangkat satu. Cuma kata dokter masih bisa dipertahankan. Mungkin 4 sampai 6 kali kemo lah, nanti habis operasi kemo lagi," jelasnya.

Nunung sendiri tak merasakan efek samping apapun setelah menjalani kemo. Dia hanya mengeluhkan sakit di bagian kaki.

"Ya dirasain dan dijalani aja. Harus dijalani dengan hati gembira, tidak boleh stres, tidak boleh dicari penyakit itu ya sudah dijalani aja diterima aja," tandasnya.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network