Sosialisasi, Mas Vino Tekankan Pentingnya Menanamkan Empat Pilar Sejak Dini

Agus Riyadi
Mas Vino menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai empat pilar sejak dini. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Anggota MPR RI Mochamad Herviano, menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai empat pilar sejak dini di lingkungan keluarga dan masyarakat. Hal ini disampaikan dia yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi PDI Perjuangan dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Balai Kecamatan Bergas, Jalan Soekarno Hatta No. 68 Sidorejo, Bergas Lor, Kabupaten Semarang, Kamis (30/03/2023).  

Acara sosialisasi ini diikuti oleh kader-kader PDI Perjuangan dan masyarakat umum serta tokoh kepemudaan.

Mas Vino, panggilan akrab Herviano, mengatakan, empat pilar yang dimaksud yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal IKA, dan NKRI. Dia menegaskan bahwa, empat pilar tersebut merupakan satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

"Menanamkan nilai-nilai empat pilar sejak dini penting dilakukan guna menumbuh suburkan rasa cinta tanah air,” kata Vino.

Vino menambahkan, empat pilar MPR RI juga harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan setiap masyarakat agar mampu berkontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara, dilandasi cinta tanah air.

“Perlu gotong-royong untuk membangun bangsa dan negara ini. Tidak cuma itu, gotong-royong juga bisa membuat pekerjaan berat menjadi ringan,” ujar Vino.

Ketua Umum DPP Banteng Muda Indonesia itu juga meminta kepada generasi muda, supaya bisa lebih kreatif untuk menggali potensi-potensi dan kearifan lokal demi mengharumkan nama bangsa.

“Sudah saatnya kita bangkit untuk melawan kemalasan,” tegas Vino.

Sementara itu, pembicara lain dalam sosialisasi empat pilar MPR RI, Bagus Suryo Kusumo, mengajak kepada masyarakat agar mempunyai tepa selira (saling menghormati -red) antar sesama manusia. Sebab dengan tepa selira, tidak akan ada perbedaan.

“Kita hormati agama orang lain, suku lain, pendapat orang lain, dan budaya orang lain. Yang terpenting tidak melanggar Undang-undang,” ujar Bagus.

Bagus, komandate bintang tiga yang juga menjabat sebagai ketua KNPI Kabupaten Semarang menambahkan, jiwa tolong menolong juga perlu diterapkan. Sebab dengan adanya jiwa tolong menolong ini, rasa kebersamaan akan terus ada.

“Membeli makanan atau jajanan pada tetangga kita yang menjual makanan, perlu juga dilakukan. Ini untuk membantu perekonomian masyarakat,” tegas Bagus.

Acara empat pilar MPR RI ditutup dengan pembagian door prize dari tim rumah aspirasi Mochamad Herviano. 

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network