One Way Arus Balik Diperpanjang, Gerbang Tol Kalikangkung Terpantau Lancar Malam Ini

Ikhsan Permana SP
Arus balik menuju Gerbang Tol Kalikangkung terpantau lancar pada Sabtu (29/4/2023) malam. Foto: Inews.id/Ikhsan Permana

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Rekayasa lalu lintas dengan sistem one way kembali diberlakukan di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang hingga KM 73 Tol Jakarta Cikampek pada Sabtu (29/4/2023).

Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi menjelaskan, perpanjangan rekayasa lalu lintas one way dari arah Timur menuju Barat ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kepadatan.

"Rekayasa ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada puncak arus balik gelombang kedua," ujar Eddy dalam pesan singkat kepada awak media, Sabtu (29/4/2023) malam.

Eddy menambahkan, perpanjangan penerapan one way dilakukan dengan diskresi Kepolisian yang melihat data volume arus kendaraan pemudik yang balik dari Semarang menuju Jakarta dilaporkan terjadi kepadatan oleh anggota di lapangan.

Begitu juga lalu lintas yang terpantau di CCTV Command Center PJR Korlantas Polri di KM 29 dan traffic counting (VCR) perhitungan jumlah kendaraan selama tiga jam berturut-turut.

"Dalam hal terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, Kepolisian dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi. Dan bila ini digunakan akan kami informasikan jika ada perubahan dalam pelaksanaan dilapangan," ucapnya.

Berdasarkan pantauan iNews.id di GT Kalikangkung usai diterapkan kebijakan one way, kondisi arus lalin terpantau lancar. Meski masih didominasi kendaraan pribadi, sejumlah bus antar kota juga tampak banyak yang melintas.

Terlihat petugas tol juga masih berjaga dan mengarahkan pengendara ke gardu-gardu tol yang lengang.

Berdasarkan data dari Pos Pengamanan (Pospam) GT Kalikangkung, hingga pukul 20.00 WIB tercatat sudah ada 37.617 kendaraan yang melintas menuju Jakarta. Jumlah tersebut naik signifikan dibandingkan dengan data hari sebelumnya yang hanya mencapai 15.597 kendaraan.

Editor : Sulhanudin Attar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network