Kades dan Sekdes Inspiratif Terima Penghargaan FKPDL Jateng, Salah Satunya dari Kendal

Agus Riyadi
Kades Jungsemi Dasuki menerima penghargaan dari FKPLD Jateng.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Kegiatan kumpul bersama dengan anggota lain yang dalam bahasa kerennya disebut Kopdar rutin digelar Forum Komonikasi Pendamping Lokal Desa (FKPLD) Jateng. Kopdar kali ini digelar FKPLD di halaman Stadion Utama Kendal, Rabu (17/5/2023). 

Pada Kopdar ini, FKPLD memberikan penghargaan kepada 3 kades inspiratif dan 1 Sekdes Inspiratif di Jawa Tengah. Salah satunya adalah kades dari Kendal.

Menurut Aris Yudhi selaku Ketua YKPLD Jateng, tolak ukur pemberian penghargaan mengacu pada terwujudnya sebuah proges APBDes yang telah direncanakan dengan memetakan sebuah desa.

Dikatakan Aris, melalui Kopdar ini, pihaknya juga berkomitmen untuk terus memperjuangkan terkait kesejahteraan pendamping desa yang hingga saat ini hanya berpenghasilan Rp1.880.000 perbulan.

"FKPLD juga akan memperjuangkan honornya perbulan yang saat ini ada dalam postur anggaran belanja dan jasa untuk bisa dipindahkan ke postur anggaran belanja pegawai. Teknisnya bagaimana, tentu mereka yang di atas lebih tahu," kata Aeis Yudhi.

Menjelang Pemilu 2024, FKPLD Jateng yang belum tahu siapa nanti yang akan berkuasa, meminta kejelasan terkait status pendamping desa yang hanya berstatus tenaga kontrak. Pihaknya khawatir, jika bergantinya kekuasaan nasibnya hanya sampai disini. Padahal di desa masih tetap membutuhkan pendamping desa.

Dijelaskan Aris, FKPLD hanya ada di Jawa Tengah yang terbentuk atas dasar kesadaran dan rasa saling rasa kesetiakawanan sosial dan jiwa kebersamaan. Di Jateng, FKPLD memiliki 1.700 anggota dari pendamping desa.

"Saya berharap, melalui kegiatan ini akan lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui peran penting pendamping lokal desa dalam mewujudkan kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," ujarnya.

Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengatakan, PLD merupakan garda terdepan dalam rangkaian alur pendampingan di Desa. PLD selalu berada paling dekat dengan desa, sehingga berbagai hal yang dialami dan terjadi di desa bisa dikawal.

"PLD ini harus dapat memahami berbagai hal yang terjadi di desanya masing-masing dan dapat memberikan saran, masukan terhadap kepala desa, bahkan bisa memberikan masukan jawaban atas semua pertanyaan dan permasalahan yang muncul di desa," katanya.

Wabup Kendal berharap, melalui kegiatan ini dapat terjalin komunikasi, silaturahmi, bertukar ilmu, memberikan informasi, saling menguatkan antar PLD. Ia juga mengajak kepada seluruh tenaga pendamping desa, agar mendampingi desanya dengan sebaik-baiknya, serta dapat mengawal dan mengawasi jalannya pengelolaan dana desa, sehingga tidak disalahgunakan.

"Tolong Dana Desa untuk dikawal dan diawasi untuk kemanfaatan bersama dalam rangka memajukan desa dan meningkatkan perekonomian taraf hidup masyarakat setempat. Mari kita bergandengan-tangan untuk bekerja dan berkarya nyata demi mewujudkan desa yang maju dan mandiri," ajaknya.

Editor : Agus Riyadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network