1.665 Calon Jamaah Haji Asal Kota Semarang Terbagi 6 Kloter, Berikut Jadwal Pemberangkatannya

Mualim
Pemberangkatan calon haji kloter pertama Embarkasi Solo dari Asrama Haji Donohudan saat dilepas oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Enam Kloter calon jamaah haji asal Kota Semarang siap berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada musim haji tahun 2023 ini.

"Yang berangkat sampai 1.665 calon jamaah, terbagi 6 kloter. Mulai kloter 8 sampai 13. Satu kloter 355 orang rata-rata," ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang Ahmad Farid, saat dihubungi Wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (24/5/2023).

Adapun jadwal pemberangkatan calon jamaah haji dilakukan pada 25 hingga 27 Mei 2023. Untuk hari Kamis (25/5/2023) besok, jemaah berangkat dari Gedung Islamic Center Manyaran Kota Semarang.

"Jamaah berangkat dari Manyaran (Islamic Center) itu besok jam 03.00 dini hari, masuk embarkasi jam 06.00 WIB," kata Ahmad Farid.

Menjelang keberangkatan, Kemenag Kota Semarang mengimbau rombongan haji untuk menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebisa mungkin tubuh harus fit saat menunaikan ibadah haji.  

Kemenag juga mengimbau seluruh jamaah untuk menguatkan komitmen dan tujuan dalam menunaikan ibadah haji. Sehingga di dalam perjalanan maupun ibadah, jemaah memiliki kesabaran dan tidak mudah mengeluh.

Tidak kalah penting juga yakni jamaah harus bisa beradaptasi dengan iklim dan kultur yang ada di Mekaah maupun Madinah. Pasalnya kondisi cuaca dan kultur masyarakat tentu berbeda dengan di Tanah Air. 

"Di sana kita harapkan harus bisa menjaga kesehatan dengan minum banyak, asupan makan bergizi, tidak hanya cukup mengendalikan pola makan dan pola ibadah," ungkap Ahmad Farid.

Terkhusus untuk lansia maupun jamaah yang memiliki riwayat komorbid atau penyakit bawaan, Kemenag Semarang meminta jamaah untuk memprioritaskan ibadah tertentu selama di Tanah Suci.

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network