Sosialisasi, Mas Vino Ajak Masyarakat Jaga dan Tegakkan 4 Pilar Kebangsaan

Agus Riyadi
Mas Vino menggelar sosialisasi empat pilar di Semarang.(ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Mochamad Herviano Widyatama, anggota Komisi V DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan daerah pilihan 1 Jawa Tengah yang meliputi, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan kota Salatiga, menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Balai Desa Lanjan, jalan Sumowono-Kaloran, Tegalroto, Lanjan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Kamis (1/06/2023).

Pada kesempatan itu, Herviano, yang juga menjabat sebagai ketua umum Banteng Muda Indonesia ( BMI), mengatakan empat pilar kebangsaan harus ditegakkan dan dijaga oleh segenap komponen bangsa. Empat pilar tersebut yakni, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Ke- 4 pilar tersebut, kata Herviano, tidaklah berdiri sendiri, namun memiliki fungsi yang saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

“Namanya juga pilar,maka harus berdiri bersama,” tegas Herviano.

Herviano juga menegaskan, 4 pilar sangat penting bagi kehidupan masyarakat indonesia. Sebab di dalam empat pilar ini, terdapat kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat. Diantarnya, menghargai perbedaan.

“Menghargai perbedaan bisa juga diartikan sebagai sikap menghormati, seperti halnya tidak membeda-bedakan suku satu dengan suku lainnya,menghormati adat istiadat dan budaya suku lain,menolong sesama manusia dengan tulus tanpa melihat status,dan juga menolong sesama manusia dengan tulus tanpa melihat statusnya,membangun sikap toleransi,” jelas Herviano.

Herviano, yang akrab disapa mas Vino, menegaskan sebagai Manusia kita harus saling menghargai perbedaan karena didalam hidup kita pasti ada perbedaan secara fisik,secara hobi, suku,agama,budaya dan lain sebagainya.

“Mari kita jaga kerukunan. Salah Satu caranya dengan gotong – royong. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” ujar Herviano.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan dihadiri oleh Karangtaruna Desa Lanjan, KomandanTe, Pengurus DPC Kab. Semarang, Satgas DPD PDI P, Pengurus PAC dan ranting PDI Perjuangan Kec. Sumowono, camat Sumowono, Kapolsek Kec. Sumowono, Danramil Kec.Sumowono , Kades Se Kecamatan Sumowono, dan masyarakat kecamatan Sumowono.

Acara ditutup dengan kuis sekitar 4 Pilar, yang dilakukan oleh tim pengawal aspirasi Mochamad Herviano. Bagl peserta yang bisa menjawab kuis, akan mendapat hadiah. 

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network