Kemenkumham Jateng Targetkan Akuntabilitas dan Transparansi Laporan Keuangan

Eka Setiawan
Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar rekonsiliasi dan pemutakhiran data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun 2023 tingkat Kantor Wilayah, Senin (3/7/2023). Foto: Dok

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar rekonsiliasi dan pemutakhiran data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Semester I Tahun 2023 tingkat Kantor Wilayah, Senin (3/7/2023).

Kegiatan itu digelar dalam rangka penyusunan laporan keuangan semester I Tahun 2023 yang akuntabel, berkualitas, serta tepat waktu.

Membuka kegiatan, Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Hantor Situmorang yang diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi Hajrianor mengungkapkan kegiatan pada hari ini adalah langkah awal dalam mewujudkan selalu WTP atas Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM.

Terlebih dengan adanya Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) proses penyusunan laporan keuangan menjadi lebih singkat dengan memotong beberapa tahapan rekonsiliasi yang dilakukan menjadi otomatis.

“Perubahan proses penyusunan laporan keuangan ini mengharuskan kita juga melakukan perubahan. Dengan konsep single database mengharuskan sinergitas dan koordinasi antar operator modul-modul menjadi lebih ditingkatkan, sehingga data yang direkam khususnya oleh operator modul pengganggaran adalah betul-betul data yang valid,” ujar Hajrianor.

Selanjutnya, Kadivmin memaparkan langkah-langkah strategis yang harus dilaksanakan jajarannya di tahun 2023 ini antara lain menindaklanjuti to do list, Monitoring, dan Daftar/Rincian pada Aplikasi MonSAKTI untuk mengoptimalkan validitas data laporan keuangan; menindaklanjuti temuan atau rekomendasi pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK ataupun Inspektorat Jenderal; dan mengimplementasikan PIPK (Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan) bagi satker-satker yang pada tahun ini menjadi sampling penerap PIPK.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network