5 Hal yang Bisa Membatalkan Syahadat Seorang Muslim, Nomor 1 Syirik

Lutfan Faizi/Arni Sulistiyowati
Kalimat syahadat. Foto/Ilustrasi: Ist

4. Menghina Islam 

Ada banyak kriteria yang termasuk dalam ketentuan ini. Bisa jadi orang itu menghina Allah, Nabi Muhammad, Al-Qur'an, agama Islam, malaikat, dan lainnya yang masih berhubungan. 

Allah SWT pernah berfirman: "Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab: "Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja". Katakanlah: "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?" Tidak usah kamu minta ma'af, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami memaafkan segolongan daripada kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa." (Qs. At-Taubah: 65,66). 

5. Murtad 

Murtad adalah meninggalkan atau keluar dari sebuah agama. Dalam Islam, hal ini diartikan sebagai orang Muslim yang kemudian keluar dari agamanya dengan sukarela. Ketika memilih untuk murtad, orang tersebut secara langsung telah keluar dari Islam dan syahadat yang pernah dibacakannya pun telah menjadi batal. Ada banyak penyebab seseorang murtad, di antaranya adalah karena kurangnya iman di dalam dirinya. Itulah beberapa hal yang bisa membatalkan syahadat seorang Muslim.

Editor : Maulana Salman

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network