Gandeng Pelindo, PMI Kota Semarang Gelar Donor Darah dan Tanam 50 Pohon

Mualim
PMI Kota Semarang bersama Pelindo Peti Kemas melaksanakan Program penanaman pohon di SMKN 10 Semarang. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Peti Kemas Semarang melaksanakan kegiatan donor darah serta penanaman 50 pohon cemara, pucuk merah dan angsana di area Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 dalam rangkaian tahun kemanusiaan PMI dengan tema Humanity For Green Life (kemanusiaan untuk kehidupan yang hijau).

Selain penanaman pohon dan donor darah, kegiatan tersebut juga diisi dengan edukasi kesehatan tentang bahaya narkotika dan rokok terhadap siswa siswi SMKN 10 dengan pembicara Ketua PMI Kota Semarang, Dr. dr. Awal Prasetyo bertempat di Aula Baita Adhi Guna SMK Negeri 10, Jalan Kokrosono No.75, Panggung Kidul, Kecamatan Semarang Utara, Rabu 7 Februari 2024.

"Kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kita semuanya sebagai manusia bahwa kita tidak bisa lepas perhatian dan ketergantungan kita terhadap lingkungan," ucap dr Awal kepada Wartawan usai kegiatan.

Ia menyebut, pohon merupakan salah satu unsur penopang lingkungan yang paling penting, karena pohon bisa menghasilkan oksigen, melindungi dari efek rumah kaca, global warming (pemanasan global) serta bisa menurunkan risiko banjir.

Terkait aksi sosial donor darah di sekolahan, dr Awal memberikan apresiasi kepada Pelindo karena sudah memberi contoh menunjukkan kepeduliannya kepada pewaris masa depan yaitu anak-anak san remaja, khususnya mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

"Jadi ini juga baru pertama kali institusi swasta yang melakukan donor darah tetapi di sekolahan, karena tujuannya adalah untuk mewariskan insting kemanusiaan pada generasi yang lebih muda," ungkapnya.

Kedepan, ia pun mengharapkan tingkat partisipasi masyarakat di kota Semarang dan perhatian tentang isu kemanusiaan semakin dalam dan kongkrit. Salah satu wujudnya adalah perhatian terhadap lingkungan, isu kemanusiaan, relawan, kebencanaan, donor darah, dan lain-lain yang intinya adalah untuk mengurangi penderitaan sesama manusia.

Manager HSSE Bina Pelanggan dan System Managemen Terminal Peti Kemas Semarang, Joko Budi Santoso menyampaikan, kegiatan kali ini merupakan program bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) periode 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2024.

"Kebetulan untuk program kali ini salah satunya adalah program donor darah yang sebenarnya ini juga sudah kita lakukan rutin tiap tiga bulan di HSSE kami. Akan tetapi dalam rangka bulan K3 ini kami menggandeng PMI sekaligus memberikan edukasi terkait bahaya narkoba dan penggunaan rokok untuk siswa SMKN 10 Semarang," ujarnya.

Joko mengungkapkan, untuk mendukung program humanity for green life yang dicanangkan PMI Kota Semarang, pihak Pelindo Peti Kemas sebelumnya juga sudah rutin melaksanakan kegiatan menanam pohon di tempat-tempat lain, salah satunya adalah di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dan Tambak Lorok.

"Ini kalau area yang lain biasanya kita kerja sama dengan instansi lain, mungkin dari TNI AL atau kemarin itu juga kita ada permintaan dari Akpelni untuk mendukung tanam mangrove, kalau gak salah empat ribu magrove nanti. Hari ini di SMKN 10 menanam 50 pohon. Adapun jenis pohon yang ditanam seperti pohon cemara, pucuk merah, angsana, dan beberapa jenis pohon lainnya," terang Joko.

Menurut Joko, pemilihan pohon-pohon tersebut bukan tanpa alasan. Karena untuk SMKN 10 Semarang lokasinya panas, sehingga pohon-pohon itu bisa mengurangi efek panas dan juga bisa berfungsi sebagai peneduh.

Sementara itu, Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin mengaku tersanjung dengan program tanam pohon PT Pelindo Peti Kemas yang berkolaborasi dengan PMI Kota Semarang.

Pihaknya mengaku, sekolah yang ia pimpin sudah dua kali kerja sama dengan Pelindo. Pertama, program Pelindo Mengajar (Program BUMN) dan yang kedua, tanam pohon ini. 

"Dalam program Pelindo mengajar, kita dibantu perlengkapan pembelajaran berupa laptop, dan kali ini selain tanam pohon ada kegiatan seminar edukasi. Kedepan kita akan terus bekerja sama dengan Pelindo karena kami alhamdulillah dipercaya untuk melaksanakan program-program terkait dengan CSR nya," ungkapnya.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network