Sejarah Banteng Raiders, Pasukan Elite Kodam IV Diponegoro yang Dibentuk Ahmad Yani

Ahmad Antoni
Aksi prajurit Banteng Raiders saat menjalani latihan di hutan. (foto Dok Yonif 400/BR)

Kompi Banteng Raiders-III di pimpin Kapten Sugiono, merupakan anggota pilihan dari Batalion 403/Pendowo pimpinan Mayor Soedarmo. Kompi Banteng Raiders-IV dipimpin oleh Kapten Idris, merupakan anggota pilihan dari Batalyon 404/Cocor Merah pimpinan Kapten Purwoto. 

Atas perintah Pangter IV untuk menambah 1 lagi Kompi Banteng Raiders-V dipimpin oleh lettu Ali Murtopo, yang diambil dari Batalyon 407/Apris pimpinan Kapten Ngadimin. Kompi Staf/Markas dipimpin oleh Karta Brata merupakan anggota pilihan dari batalyon 405/Singo Wereng, 406, dan Batalyon 407. 

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima Terr IV nomor 5/B-4/ADJEN/4/1953 tanggal 23 Maret 1953. Bertempat di Bali Kota Tegal diresmikan Batalyon 431/Banteng Raiders dengan moto/semboyan “Pantang Mundur”.  

Motto ini diberikan oleh Letkol Ahmad Yani. Organisasi ini merupakan sandi ROI-I, sedangkan sebagai komandan batalyon (Danyon) pertama yaitu Kapten Hardoyo. Batalion Banteng Raiders pertama ini mendapat julukan BR I. 

Selanjutnya anggota 431/BR yang di bentuk saat itu di ambil dari anggota-anggota pilihan dari seluruh kesatuan yang ada di daerah Teritorium IV dan langsung dilatih serta digembleng oleh Letkol Ahmad Yani. 

Batalion pada saat itu bernama Banteng, karena di dalam melaksanakan operasi penumpasan DI/TII mengunakan gerakan-gerakan taktik nonkonvensional, yakni gerakan-gerakan Raid (taktik ayam alas dan nyudung) dan berhasil sehingga batalyon ini sangat terkenal dengan nama Batalion Banteng Raiders. 

Bisa dikatakan, batalyon inilah pelopor adanya satuan-satuan Raiders yang ada di Indonesia Peremajaan Batalyon Infanteri 401/Banteng Raiders di mulai pada awal tahun 1958, dengan menyaring kembali anggota BR I sebagai inti, dan tenaga tambahan di ambil dari tamtama remaja yang telah menempuh diklat di Depo 2. 

Selanjutnya di latih BTC Sapta Arga yang berada di Purworejo Generasi ini disebut BR II dengan julukan Si Gudel (anak kerbau), karena mayoritas anggota belum pernah operasi. 

Pada awal tahun 1961, Batalion Banteng Raiders menempuh Kualifikasi Raiders di Bruno dan melanjutkan pendidikan Para, sehingga menjadi Yonif dengan Kualifikasi Para.


 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network