Waspada! Ini Titik Kemacetan Baru di Tol Trans Jawa jelang Mudik Lebaran

Iqbal Dwi Purnama
Arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) (FOTO: ANTARA)

Jalan tol Cipali bakal menjadi titik kemacetan baru imbas beroperasinya jalan tol Cisumdawu. Titik temu antara jalan tol Cisumdawu dan Cipali berada di KM 150, hal ini membuat jalan tol Cipali bakal lebih banyak menampung kendaraan baik dari arah tol Cisumdawu, maupun kendaraan yang dari arah tol Japek.

Mengingat pada titik tersebut, Ruas tol Cipali yang hanya berjumlah 2 lajur, harus siap untuk menampung kendaraan dari arah tol Cisumdawu yang berjumlah 4 lajur, dan tol Jakarta - Cikampek 4 lajur (Elevated dan non Elevated).

Sedangkan beban tol Japek non elevated yang hanya berjumlah 2 lajur sendiri, akan ada penambahan kendaraan yang berasal dari ruas fungsional Tol Cimanggis - Cibitung seksi 2B (Cikeas - Cibitung) sepanjang 19,65 km. Pertemuan arus tersebut akan terjadi di KM 25 tol Japek.

Ali mengatakan, saat ini pihaknya memiliki opsi untuk membuang kendaraan yang berada di dalam ruas tol, jika volume capacity ratio (VCR) ruas tol ini sudah mencapai 0,8. Exit tol tersebut akan dibuka di ruas tol Cimanggis - Cibitung, sehingga kendaraan tidak sampai ke Japek, maupun tol Cisumdawu agar kendaraan tidak sampai ke tol Cipali. "Rencananya begitu (kendaraan dikeluarkan), tapi tetap tergantung diskresi Kepolisian," pungkasnya.


 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network