Shin Tae-yong Janji Belajar Bahasa Indonesia demi Memperlancar Komunikasi dengan Pemain

Abdul Haris
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong siap belajar Bahasa Indonesia. Upaya itu dilakukan untuk memperlancar komunikasinya dengan para pemain Tim Garuda, karena pelatih asal Korea Selatan itu akan memperpanjang kontraknya hingga 2027. 

Ya, masalah Bahasa menjadi salah satu yang dikritik dari pelatih berusia 53 tahun itu. Sebab, setelah melewati 4,5 tahun sebagai pelatih Timnas Indonesia, dia masih belum juga bisa berbahasa Indonesia. 

Alhasil, selama ini komunikasinya dengan para pemain dan juga pengurus PSSI, hingga media di Indonesia, dia menggunakan jasa penerjemah Jeong Seok-seo alias Jeje. Selain Jeje, STY juga dibantu pelatih kiper Yoo Jae-hoon yang memang sudah lama berkarier di Indonesia. 

STY mendengar berbagai masukan soal bahasa. Ke depannya, dia berjanji akan mulai serius belajar Bahasa Indonesia.

“Pertama, mohon maaf saya tidak bisa Bahasa Indonesia. Saya akan berusaha belajar Bahasa Indonesia karena akan terus berada di sini (hingga 2027),” ujar STY dalam acara Seremoni Penyerahan Genesis Electrified G80 kepada Perwakilan Timnas Indonesia di Hyundai Driving Experience SCBD, Selasa (14/5/2024).

Secara tersirat, janji ini menegaskan komitmen STY untuk terus bersama Timnas Indonesia. Saat ini, dia belum tanda tangan kontrak baru bersama PSSI. Padahal, dalam perjanjian sebelumnya masa kerjanya akan berakhir pada 30 Juni 2024.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network