Kapan Puasa Dzulhijjah Tahun 2024 Dimulai? Ini Jadwal dan Bacaan Niatnya

Widaningsih
Puasa Dzulhijjah dilaksanakan sebelum hari Raya Idul Adha, dan dianjurkan dilaksanakan mulai 9 hari pertama awal bulan Dzulhijjah. Foto ilustrasi/ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kapan puasa Dzulhijjah di tahun 2024 dimulai? Pelaksanaan Puasa Dzulhijjah sebelum hari raya Idul Adha, dan dianjurkan dilaksanakan mulai 9 hari pertama awal bulan Dzulhijjah. 

Awal Dzulhijjah sendiri menurut Kalender Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, 1 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. 

Artinya, selama 7 hari berturut-turut sejak hari tersebut umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa Dzulhijjah. Puasa sunnah di awal bulan Haji ini dianjurkan karena sangat disukai Allah Subhanahu Wata'ala. 

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas Radhiyallahu'anhu, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: 

"Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT. daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah menjawab, 'walau jihad di jalan Allah kecuali selama-lamanya (Menjadi syahid)." (HR Bukhari) 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network