Kisah Misteri Desa Lagetang di Dieng Hilang dalam Semalam, Konon Hukuman akibat Maksiat

Diana Rafikasari
Dataran Tinggi Dieng menyimpan kisah pilu tentang Desa Legetang yang hilang dalam semalam. Desa yang terletak di Banjarnegara itu kini hanya tinggal kenangan. Foto/tangkapan layar YouTube Cerita Desa Indonesia

BANJARNEGARA, iNewsSemarang.id - Dataran Tinggi Dieng menyimpan kisah misteri tentang Desa Legetang yang hilang dalam semalam. 

Desa yang dahulu terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah itu kini hanya tinggal kenangan setelah terkubur longsor dahsyat pada 17 April 1955. 

Hujan deras mengguyur kawasan Dieng pada malam nahas itu. Sekitar pukul 23.00 WIB, terdengar suara gemuruh keras seperti dentuman bom. Tanah di lereng Gunung Pengamun runtuh dan menimpa Desa Legetang yang berada di bawahnya. 

Tragedi ini menelan korban jiwa 351 orang, termasuk bayi dan balita. Hanya satu orang yang berhasil selamat, yaitu seorang pemuda bernama Suhuri yang sedang berada di luar desa saat kejadian. 

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (18/6/2024), hingga kini, penyebab pasti longsor yang menelan Desa Legetang masih menjadi misteri. Ada beberapa versi cerita yang beredar di masyarakat.

Konon, penduduk Desa Legetang hidup dalam kemaksiatan, sehingga mereka dihukum oleh Allah SWT dengan longsor dahsyat. Versi lain menyebutkan bahwa longsor terjadi murni karena bencana alam, tanpa kaitannya dengan perbuatan manusia. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network