Mahasiswa Unnes Gandeng Pakar Psikologi dan Sastra Bantu Tingkatkan Self-Esteem Anak Panti

Ahmad Antoni
Tim PKM Pengabdian Masyarakat Unnes menggandeng Meina Febriani, Monolog Jiwa bersama dua pakar keilmuan dari bidang psikologi dan sastra mengadakan program cerita pakar. (IST)

"Alhamdulillah, saya sangat senang karena mendapat kesempatan untuk hadir dan berbagi pemahaman kepada teman-teman panti dalam program cerita pakar. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat dan bisa membantu teman-teman panti untuk menyadari betapa berharganya diri mereka meski ancaman tentang ketidakpastian terus bermunculan di kepala," ujar Nadya.

Tak hanya Nadya, Zulfa selaku sastrawan yang turut mengisi program cerita pakar juga menyampaikan bahwa tujuannya datang untuk mengisi program bukan semata-mata karena undangan Tim PKM Pengabdian Masyarakat Monolog Jiwa, melainkan karena ia ingin memberikan pemahaman terkait salah satu wadah yang dapat dijadikan media terapi diri.

"Saya berharap kehadiran saya di dalam rangkaian program cerita pakar dapat memberikan wawasan kepada teman-teman panti terkait dengan wadah terapi diri berbentuk seni peran. Saya berharap besar apa yang saya paparkan terkait dengan hal tersebut bisa digunakan oleh teman-teman untuk memantik kesadaran persoalan self esteem atau bahkan sebagai media penyembuhan ketika merasa ada ketidakseimbangan mental yang dirasakan," ujarnya.

Pada saat memaparkan materi persoalan self esteem, Nadya selaku psikolog menerapkan berbagai macam metode untuk memantik antusias anak-anak panti yang hadir dalam pelaksanaan program cerita pakar. Nadya dibantu oleh anggota Tim PKM Pengabdian Masyarakat Monolog Jiwa memberikan stimulus dengan bantuan kertas dan pensil warna untuk menggali potensi yang nampak dan terselubung di dalam diri anak-anak panti. 

Setelah Nadya memaparkan materi dan memantik anak-anak panti untuk menunjukkan potensi yang dimiliki, hasilnya kemudian ditindaklanjuti oleh Zulfa dan diadaptasi menjadi bahan pengembangan naskah dan penggarapan seni peran sebagai media terapi diri.

Banyaknya wawasan yang diberikan oleh para pakar membuat program ini menjadi tolok ukur keberhasilan program yang mendatang.
 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network