Armada BRT Trans Jateng Kini Mengaspal Rute Semarang-Kendal dan Solo-Sukoharjo-Wonogiri

Ahmad Antoni
Pemprov Jateng menambah armada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng untuk rute Semarang-Kendal, dan rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri. (IST)

"Hampir selalu penuh baik jam sibuk atau tidak. Itu mendorong kami bisa menambah kapasitas, dan mengurangi waktu tunggu. Jadi, masyarakat tidak perlu menunggu lama lagi," tuturnya.

Erry membeberkan, saat ini Trans Jateng sudah menyediakan tujuh rute, dengan total armada sebanyak 112 unit. Adapun tujuh rute yang beroperasi yaitu rute Semarang-Bawen 28 unit, rute Purwokerto-Purbalingga 14 unit armada, rute Semarang-Kendal 14 unit, rute Magelang-Purworejo 14 unit, rute Solo-Sragen 14 unit, rute Semarang-Gubug 14 unit, dan rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri 14 unit.

Diakui, saat ini belum semua wilayah di Jawa Tengah terlayani BRT Trans Jateng. Karenanya, pemprov terus melakukan studi terkait rencana penambahan rute. Namun, memang ada keterbatasan yang masih perlu jadi perhatian. 

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, penambahan armada merupakan hal yang sangat bagus. Karena kemanfaatan BRT Trans Jateng dari tujuh koridor itu total mencapai 85,45 persen. Sedangkan pada dua rute yang ditambah bus kemanfaatannya lebih tinggi.

"Berarti memang perlu ditambah. Ini pasti kebutuhan masyarakat. Jadi penambahan di Semarang-Kendal, dan rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri adalah bagian menambah kemampuan angkut," kata Sujarwanto.

Penambahan itu, imbuhnya, akan mengurangi kepadatan terutama pada jam sibuk. Dengan begitu, masyarakat akan lebih terlayani dengan baik. Pihaknya akan terus mengevaluasi agar pelayanan BRT makin maksimal.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Tengah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Ardono mengatakan, jika melihat tingginya kemanfaatannya, keberadaan Trans Jateng hal yang luar biasa. "Dari indikator rata-rata load factor (kemanfaatan) hampir 85 persen. Dua koridor 99 persen. Itu luar biasa," sebutnya.


 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network