Daftar 20 Provinsi dengan Jumlah Kemiskinan Terbanyak di Indonesia, Jateng Peringkat Berapa?

Farida Syifa Anandita
Ilustrasi kemiskinan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Berikut ini daftar 20 provinsi dengan jumlah kemiskinan terbanyak meski tingkat kemiskinan di Indonesia menurun, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS).

Plt Sekretaris Utama BPS Imam Machdi menyebutkan berdasarkan data, jika masih terdapat 20 provinsi yang memiliki tingkat kemiskinan di atas angka nasional.

Beberapa provinsi yang tingkat kemiskinannya di atas rata-rata terdiri dari seluruh provisi di Papua dan sebagian provinsi di Kalimantan kecuali Kalimantan Utara.

Badan Pusat Statistik mencatat tingkat kemiskinan hingga Maret 2024 menurun jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada Maret 2024 persentase penduduk miskin di Indonesia sebesar 9,03% atau sekitar 25,22 juta orang. Jumlah ini menurun 0,33% poin atau lebih rendah 0,68 juta orang dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tingkat kemiskinan pada Maret 2024 juga sudah lebih rendah dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Penurunan tingkat kemiskinan lebih besar terjadi di perdesaan yakni sebesar 0,43% poin. Di perkotaan yang hanya turun 0,20% poin.

Masih terjadi disparitas yang cukup lebar antara perkotaan dan perdesaan. Pada Maret 2024 tingkat kemiskinan di perdesaan mencapai 11,79%, sementara di perkotaan 7,09%.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network