Gunung Merapi Kembali Meletus Minggu Pagi, Luncurkan Guguran Lava Sejauh 1,6 Km

Arie Dwi Satrio
Awan Panas Guguran di Gunung #Merapi tanggal 20 Juli 2024 pada pukul 19:46 WIB dengan Amplitudo max 35 mm, durasi 119 detik, jarak luncur 1200 meter ke arah Kali Bebeng, arah angin ke Barat Daya. (BPPTKG)

JAKARTA, iNewSemarang.id - Gunung Merapi di wilayah Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meletus dan alami guguran lava pada Minggu (21/7/2024) pagi.

Sebanyak empat kali guguran lava terpantau dari Pos Pemantauan Gunung Merapi (PGM) hingga mencapai paling jauh 1.600 meter atau 1,6 Km.

"Teramati empat kali guguran lava ke arah Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1.600 meter," dikutip dari laman resmi magma.esdm.go.id.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, Gunung Merapi berstatus siaga. Berdasarkan pantauan Pos PGM di Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, kawah Puncak Gunung Merapi tampak mengeluarkan asap berwarna putih.

"Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang tinggi sekitar 25 meter dari puncak. Cuaca cerah, angin tenang ke arah barat," tulisnya

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network